Menlu AS Blinken akan Ikuti Pertemuan Presiden Biden dan PM Albanese

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan hadir pada pertemuan Presiden Joe Biden dengan PM Australia Anthony Albanese di Gedung Putih yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (25/10) pagi. Perang Israel-Hamas diperkirakan akan menjadi bagian dari pembicaraan itu.

Berbicara dalam pertemuan di Dewan Keamanan PBB pada Selasa, Blinken menyampaikan pembelaan kuat atas tindakan militer Israel.

AS juga mengeluarkan peringatan keras terhadap Iran agar menghindari tindakan yang akan memperluas perang Israel-Hamas.

Blinken mengatakan, “AS tidak menginginkan konflik dengan Iran. Kami tidak ingin perang ini meluas. Tetapi jika Iran atau proksi-proksinya menyerang personel AS di mana pun, jangan keliru, kami akan membela orang-orang kami. Kami akan membela keamanan kami dengan cepat dan tegas.”

Peringatan Blinken muncul setelah pemimpin PBB memperingatkan bahwa situasi di Timur Tengah bertambah buruk dari waktu ke waktu.

AS mendesak diterapkannya resolusi yang akan mengecam serangan Hamas di Israel dan kekerasan terhadap warga sipil, dan menegaskan kembali hak Israel untuk membela diri.

Belum ada pemungutan suara untuk resolusi itu.

Sementara itu Presiden Biden sendiri dijadwalkan menyelenggarakan jamuan makan malam kenegaraan untuk PM Australia Anthony Blinken. Ini adalah penghormatan diplomatik tertinggi yang diberikan Washington untuk sekutu-sekutu terdekatnya.

Sebelum jamuan itu, kedua pemimpin akan mengumumkan kerja sama dalam teknologi canggih baru, khususnya dalam kecerdasan buatan.

Kunjungan Albanese adalah kunjungan kenegaraan ke empat dalam masa jabatan Biden, setelah kunjungan dari para pemimpin Prancis, Korea Selatan dan India. [uh/ab]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com