bar-merah

Festival Monuntul Kotamobagu, momentum ekonomi dan pariwisata saat Ramadan

Malam pertama Monuntul di Lapangan Kelurahan Mongondow, Kotamobagu Selatan, (Foto: ZONAUTARA.com).
Malam pertama Monuntul di Lapangan Kelurahan Mongondow, Kotamobagu Selatan, (Foto: ZONAUTARA.com).

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Festival Monuntul Kota Kotamobagu dipicu oleh Penjabat Wali Kota, Asripan Nani, lewat pencanangannya yang diselenggarakan di Alun-alun Boki Hontinimbang, Sabtu (6/4/2024).

Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani bersama istri saat memasang lampu botol pertama, (Foto: ZONAUTARA.com/ Sajidin Kandoli).

Monuntul, merupakan sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun selama bulan suci Ramadan, kini telah dimasukkan dalam Calendar of Event (COE) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2024.

Asripan Nani menyatakan optimisme bahwa Festival Monuntul akan menjadi bagian dari COE tingkat nasional pada tahun-tahun mendatang.

Suasana monuntul dilapangan Kelurahan Mongondow, Kecamatan Kotamobagu Selatan, (Foto: ZONAUTARA.com).

Hal ini diharapkan akan meningkatkan popularitas acara tersebut, menjadikannya tujuan wisata yang menarik bagi masyarakat dari luar Kota Kotamobagu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, berpendapat bahwa pelaksanaan kembali Festival Monuntul dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi perekonomian dan pariwisata Kota Kotamobagu.

“Hari ini adalah awal dari usaha kami untuk memperkaya tradisi dan budaya Monuntul. Semoga festival ini dapat terus diadakan setiap tahun dengan dukungan penuh dari pimpinan dan pihak legislatif,” tambah Anki.

Monuntul di lapangan Kelurahan Mongondow, (Foto: ZONAUTARA.com/Neno Karlina).

Dalam acara tersebut, turut hadir unsur Forkopimda, Bupati Bolaang Mongondow Guhanga Marlina Moha Siahaan, Ketua TP PKK Kotamobagu Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, Kakan Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato, Ketua MUI Kotamobagu Sahran Gonibala, Ketua FKUB Kotamobagu Yusuf Danny Pontoh, serta para asisten dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Acara ini menjadi bukti komitmen bersama dalam memperkuat budaya lokal dan memajukan pariwisata serta ekonomi daerah.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com