bar-merah

Kepala BPBD Kotamobagu imbau masyarakat gunakan masker: waspada sebaran abu vulkanik Gunung Ruang

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu secara resmi mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Kota Kotamobagu untuk mewaspadai sebaran debu vulkanik akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Kepala BPBD Kotamobagu, Asrianty, menjelaskan bahwa imbauan ini didasarkan pada pemantauan data dari citra satelit cuaca Himawari dan radar cuaca pada tanggal 30 April 2024.

Data tersebut menunjukkan bahwa letusan Gunung Ruang mencapai ketinggian lebih dari 10 kilometer dan sebaran abu vulkanik mengarah dominan ke arah Barat.

Asrianty juga menyebutkan bahwa citra satelit terkini dari BMKG menunjukkan sebaran abu vulkanik yang tersebar di wilayah Sulawesi Utara, termasuk di Kota Kotamobagu.

Kepala BPBD Kotamobagu imbau masyarakat gunakan masker: waspada sebaran abu vulkanik Gunung Ruang

“Kami mengimbau seluruh masyarakat Kota Kotamobagu untuk menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terhirupnya abu vulkanik atau terkena pada mata,” ujar Asrianty dalam imbauannya.

Imbauan ini dikeluarkan sebagai upaya BPBD Kotamobagu untuk mengurangi risiko dampak negatif dari sebaran debu vulkanik bagi kesehatan masyarakat.

Mereka juga terus memantau perkembangan situasi dan siap memberikan informasi dan bantuan lebih lanjut kepada masyarakat yang membutuhkan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com