bar-merah

Korut Berjanji Hentikan Kirim Balon-balon Sampah ke Korsel

Korea Utara pada hari Minggu (2/6) mengatakan bahwa mereka akan berhenti mengirim balon berisi sampah melintasi perbatasan ke Korea Selatan, dengan mengatakan bahwa pengiriman yang “menjijikkan” tersebut merupakan tindakan balasan yang efektif untuk melawan propaganda yang dikirim oleh para aktivis anti-rezim.

Sejak hari Selasa, Korea Utara telah mengirimkan hampir seribu balon yang membawa kantong sampah yang berisi berbagai macam sampah, mulai dari puntung rokok hingga potongan kardus dan plastik, kata militer Seoul, dan memperingatkan masyarakat untuk menjauh.

Korut Berjanji Hentikan Kirim Balon-balon Sampah ke Korsel

Korea Selatan menyebut provokasi terbaru dari negara tetangganya yang bersenjata nuklir itu sebagai tindakan yang “tidak rasional” dan “rendahan”, namun tidak seperti serentetan peluncuran rudal balistik baru-baru ini, serangan sampah tersebut tidak melanggar sanksi PBB terhadap rezim Kim Jong Un yang terisolasi.

Seoul pada hari Minggu memperingatkan akan mengambil tindakan balasan yang keras kecuali jika Korea Utara menghentikan pengiriman balon udara berisi sampah itu, dengan mengatakan bahwa hal tersebut bertentangan dengan perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri permusuhan Perang Korea 1950-53.

Pada hari Minggu malam, Korea Utara mengumumkan akan menghentikan serangannya setelah menebarkan apa yang diklaimnya sebagai “15 ton kertas bekas” dengan menggunakan ribuan “perangkat” untuk mengirimkannya.

“Kami telah memberikan pelajaran kepada Korea Selatan tentang betapa menjijikkan dan menguras tenaga untuk mengumpulkan kertas-kertas bekas yang berserakan,” katanya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea.

Para aktivis di Korea Selatan juga menerbangkan balon-balon mereka sendiri di atas perbatasan, yang berisi selebaran dan terkadang uang tunai, beras, atau flashdisk yang berisi drama Korea.

Awal pekan ini, Pyongyang menggambarkan “hadiah yang tulus” sebagai pembalasan atas balon-balon sarat propaganda yang dikirim ke Korea Utara.

Dua tentara Korea Selatan memeriksa berbagai benda termasuk yang tampak seperti sampah dari balon yang diyakini dikirim oleh Korea Utara, di Incheon (2/6).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa balon-balon tersebut telah mendarat di provinsi-provinsi utara, termasuk ibu kota Seoul dan daerah Gyeonggi yang berdekatan, yang secara kolektif merupakan tempat tinggal bagi hampir separuh populasi Korea Selatan.

Balon-balon terbaru penuh dengan “sampah seperti puntung rokok, kertas bekas, potongan kain dan plastik,” kata JCS, dan menambahkan bahwa para pejabat militer dan polisi sedang mengumpulkannya.

“Militer kami sedang melakukan pengawasan dan pengintaian dari titik-titik peluncuran balon, melacaknya melalui pengintaian udara, dan mengumpulkan puing-puing yang jatuh, dengan memprioritaskan keselamatan publik,” kata JCS.

Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan bertemu pada hari Minggu, dan seorang pejabat kepresidenan mengatakan bahwa Seoul tidak akan mengesampingkan untuk menanggapi balon tersebut dengan melanjutkan serangan propaganda dengan pengeras suara di sepanjang perbatasan dengan Korea Utara.

Di masa lalu, Korea Selatan telah menyiarkan propaganda anti-Kim ke Korea Utara, yang membuat marah Pyongyang.

“Jika Seoul memilih untuk melanjutkan siaran anti-Korea Utara melalui pengeras suara di sepanjang perbatasan, yang sangat tidak disukai Pyongyang seperti halnya balon anti-Kim, maka hal itu dapat menyebabkan konflik bersenjata yang terbatas di sepanjang wilayah perbatasan, seperti di Laut Barat,” kata Cheong Seong-chang, direktur strategi semenanjung Korea di Sejong Institute.

Kantong plastik berisi berbagai macam sampah yang berasal dari balon yang diyakini dikirim oleh Korea Utara, terlihat di Seoul (2/6).

Kantong plastik berisi berbagai macam sampah yang berasal dari balon yang diyakini dikirim oleh Korea Utara, terlihat di Seoul (2/6).

Pada tahun 2018, selama periode peningkatan hubungan antar-Korea, kedua pemimpin sepakat untuk “sepenuhnya menghentikan semua tindakan permusuhan satu sama lain di setiap domain”, termasuk distribusi selebaran. Parlemen Korea Selatan mengesahkan undang-undang pada tahun 2020 yang mengkriminalisasi pengiriman selebaran ke Korea Utara, tetapi undang-undang tersebut – yang tidak membuat para aktivis jera – dibatalkan tahun lalu karena dianggap sebagai pelanggaran terhadap kebebasan berbicara.

Adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong – salah satu juru bicara utama Pyongyang – mengejek Korea Selatan karena mengeluhkan balon-balon tersebut minggu ini, dan mengatakan bahwa warga Korea Utara hanya menjalankan kebebasan berekspresi.

Serangan propaganda kedua Korea terkadang meningkat menjadi aksi saling balas.

Pada Juni 2020, Pyongyang secara sepihak memutuskan semua hubungan komunikasi militer dan politik resmi dengan Korea Selatan dan meledakkan kantor penghubung antar-Korea di sisi perbatasannya.

Serangan sampah itu terjadi setelah para analis memperingatkan bahwa Kim sedang menguji coba senjata sebelum mengirimnya ke Rusia untuk digunakan di Ukraina. Menteri pertahanan Korea Selatan mengatakan pada akhir pekan ini bahwa Pyongyang kini telah mengirimkan sekitar 10.000 kontainer senjata ke Moskow, sebagai imbalan atas pengetahuan tentang satelit Rusia. [my/jm]

Selengkapnya baca di VOA



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com