bar-merah

Pantarlih Sitaro dibekali Bimtek dan simulasi persiapan Coklit

Petugas Pantarlihsaat melaksanakan simuslasi coklit data pemilih, di Little House, Pulau Siau.

SITARO, ZONAUTARA.com – Menjelang dimulainya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Kepulauan Sitaro diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada, Minggu, 23 Juni 2024.

Bimtek ini, yang memfokuskan pada pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih serta penggunaan aplikasi e-coklit, adalah bagian dari persiapan penting untuk pelaksanaan coklit yang akan berlangsung dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan di tujuh lokasi yang tersebar di wilayah Siau.

“Setiap kecamatan yang ada di Pulau Siau menjadi lokasi bimtek. Khusus di Siau Timur, terdapat dua lokasi yaitu Little House untuk pantarlih wilayah Tagulandang Biaro dan SMP 1 Siau Timur untuk pantarlih wilayah Siau Timur,” ujar Frismar Siramba, anggota KPU Sitaro.

Petugas Pantarlihsaat melaksanakan simuslasi coklit data pemilih, di Little House, Pulau Siau.

Materi yang diberikan dalam bimtek ini terbagi menjadi tiga bagian utama: persiapan, pelaksanaan coklit, dan pengenalan formulir coklit. Dalam tahap persiapan, Pantarlih diwajibkan mengikuti bimtek, menyusun rencana kerja, serta memeriksa kelengkapan dokumen dan perangkat kerja yang akan digunakan.

Pada tahap pelaksanaan coklit, Pantarlih diinstruksikan untuk berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Selanjutnya, mereka akan melakukan coklit, mengisi formulir coklit, menempel stiker coklit, dan menyusun laporan coklit.

Pantarlih juga akan dilengkapi dengan berbagai formulir seperti model A-daftar pemilih, formulir A-daftar pemilih potensial, model A-tanda bukti coklit, dan model A-stiker coklit, serta dokumen laporan harian buku kerja dan laporan hasil coklit.

Setelah menerima bimtek, Pantarlih langsung terjun ke simulasi pelaksanaan coklit dengan memperagakan setiap peran yang akan mereka jalankan nanti.

Petugas Pantarlih saat mengikuti Bimtek jelang Coklit Data Pemilih.

“Setelah bimtek dan simulasi ini, kita akan lanjut besok dengan agenda apel akbar seluruh pantarlih di lapangan Akesimbeka, seterusnya turun melakukan coklit,” jelas Siramba.

Dengan kesiapan ini, KPU Sitaro berharap proses Coklit dapat berjalan lancar dan akurat, memastikan data pemilih yang valid dan terpercaya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com