bar-merah

KPU Kota Kotamobagu Mulai Tahapan Coklit untuk Pilkada Serentak 2024

KPU Kota Kotamobagu Mulai Tahapan Coklit untuk Pilkada Serentak 2024 di rumah Ketua DPRD.
KPU Kota Kotamobagu Mulai Tahapan Coklit untuk Pilkada Serentak 2024 di rumah Ketua DPRD.

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu memulai tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam rangka Pilkada Serentak yang akan memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk periode 2024-2029.

Kegiatan ini diawali dengan Apel Akbar Kesiapan Pemutakhiran Data Pemilih yang diadakan di kantor KPU Kotamobagu pada Senin, 24 Juni 2024.

Apel Akbar Kesiapan Pemutakhiran Data Pemilih yang diadakan di kantor KPU Kotamobagu.

Pada Apel Akbar tersebut, sebanyak 336 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dilantik dan langsung melaksanakan tugas Coklit di lapangan.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Kotamobagu, Heriyana Amir, menjelaskan tujuan perdana Coklit ini adalah untuk melihat respon masyarakat.

KPU Kota Kotamobagu Mulai Tahapan Coklit untuk Pilkada Serentak 2024 di rumah Ketua DPRD.
KPU Kota Kotamobagu Mulai Tahapan Coklit untuk Pilkada Serentak 2024 di rumah Ketua DPRD.

“Untuk perdana ini kita turun serentak untuk Coklit, bukan hanya Kotamobagu tetapi 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara,” kata Heriyana.

Ketua Anggota DPRD Kotamobagu, menjadi yang pertama didatangi oleh Pantarlih untuk dilakukan Coklit di kediamannya.

Heriyana menambahkan bahwa apel dan pelantikan diikuti oleh bimbingan teknis (bimtek) sebelum Pantarlih turun ke Kecamatan, Desa, dan Kelurahan untuk melaksanakan Coklit.

“Sudah ada beberapa yang dijadwalkan yaitu 5 tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemerintah yang dilakukan Coklit terlebih dahulu untuk melihat respon mereka,” lanjutnya.

Ia berharap proses Pemutakhiran Data Pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Kotamobagu berjalan lancar.

“Harapannya, semoga datanya bisa sinkron dan juga data yang dihasilkan valid, insya Allah. Jika ada kendala, kami langsung melakukan pembetulan dan perbaikan data dari pemilih,” ujar Heriyana.

Salah satu warga Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Meiddy Makalalag, yang juga merupakan Ketua Anggota DPRD Kotamobagu, menjadi yang pertama didatangi oleh Pantarlih untuk dilakukan Coklit di kediamannya.

Suasana saat Pantarlih melakukan Coklit di kediaman Ketua DPRD Kotamobagu.

Meiddy menyampaikan bahwa Coklit ini menjadi langkah awal kesuksesan Pilkada di Kotamobagu.

“Terima kasih teman-teman KPU Kotamobagu beserta seluruh jajaran karena hari ini Alhamdulillah bisa melaksanakan salah satu kewajiban dari KPU untuk mensinkronkan kembali data di semua daerah termasuk di Kota Kotamobagu. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa sukses dan aman. Ini menjadi langkah awal kesuksesan Pilkada tahun 2024 nanti,” kata Meiddy.

Adapun yang di coklit di kediaman meiddy makalalag, sebanyak lima anggota keluarga, yang nantinya akan memilih di TPS 06 Poyowa Besar dengan total 499 pemilih.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com