bar-merah

Liburan Natal, Waktunya Cari Uang

MANADO, ZONAUTARA.com – Saat anak seusianya memanfaatkan waktu libur untuk bermain, namun hal itu tidak berlaku bagi Rizky Hau, bocah 8 tahun yang berdomisili di Kelurahan Dendengan Dalam.

Rizky mengaku sudah berjualan balon keliling beberapa hari menjelang Natal. Dia bisa meraup untung puluhan ribu dari menjual balon gas.

“Kalau balon, dikasih modal sama orang tua. Biasanya mereka yang tiup balon, saya yang berkeliling untuk menjual.
Begitu semua laku terjual, modalnya dikembalikan kepada orang tua, sedangkan keuntungannya sebagian untuk jajan, sebagian lagi ditabung,” kata Iki, sapaan akrabnya.

Dirinya menuturkan, untuk berjualan tidaklah susah. Yang penting tahu berhitung dan tempat berkumpul anak-anak berkumpul.

“Selain tahu tempat mereka berkumpul, kadang juga ada orang tua yang sedang di kendaraan bersama anaknya  mampir turun dan membeli balon. Mereka jadi tertarik karena balon yang saya jual gambarnya tokoh-tokoh kartun di televisi,” tutur Iki.

Saat ditanya, apakah sempat bermain dengan anak seusianya, Iki mengaku, soal bermain tetap ada waktu. Namun suatu kebanggaan juga bisa membantu orang tua.

“Mudah- mudahan masa liburan sekolah ini bisa bermanfaat untuk diri saya, dan tentu bisa membantu orang tua,” aku Iki.

 

zonautara.com
Rizky, saat melayani pembeli balon gas. (Foto: Zonautara.com/Lukman Polimengo)

Melisha Agustin (39), salah satu warga Paal Dua mengungkapkan, setiap hari dia sering melihat Iki lewat di depan rumahnya sambil jalan kaki berjualan balon.

“Saya sering melihat bocah ini (Iki) lewat di depan rumah. Dua hari lalu anak saya minta dibelikan balon. Saya membelinya dari Iki. Dia tampak baik, walaupun masih kecil tapi sudah tahu membantu orang tua,” kata Melisha.

 

Editor: Eva Aruperes

 



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com