bar-merah

Kuburan Ramai Saat Malam Pergantian Tahun

MANADO, ZONAUTARA.com – Jelang pergantian tahun, Minggu (31/12/2017) sudah menjadi kebiasaan bagi orang Minahasa untuk berziarah ke makam saudara atau kerabat dekat.

Kuburan yang biasanya sunyi tiba-tiba langsung ramai dengan orang-orang yang datang berziarah.

Di Kuburan Tateli, yang berlokasi tepat di Jalan Trans Sulawesi, keramaian mulai terlihat ketika sore hari. Banyak yang datang membersihkan dan mempercantik kuburan dengan bunga.

Dona Rumondor (22), kepada wartawan Zona Utara mengaku datang untuk berziarah dan membersihkan kuburan ayahnya.

“Sudah menjadi kebiasan setiap akhir tahun datang membersihlan kubur papa saya. Dan sudah lima tahun ini saya selalu datang ke kubur setiap 31 Desember,” ujar Dona.

Malam hari yang biasanya kuburan terlihat gelap, berbeda saat malam akhir tahun. Atmosphere kuburan terasa ramai karena terangnya lilin disetiap serta kehadiran orang-orang yang datang bahkan ada kelompok-kelompok yang terlihat sedang nongkrong di beberapa titik kubur.

Imanuel Languju (22) datang ke kubur hanya untuk mencari keramaian dan nongkrong bersama teman-temannya.

“Bukang tanggal 31 Desember kalo kubur nda rame (bukan tanggal 31 Desember jika kubur tidak ramai). Saya dan teman-teman saya hanya duduk santai di sini sambil menunggu jam 12 malam,” jelas Imanuel.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com