Kapal Feri Tenggelam, 6 Orang Belum Ditemukan

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Sebanyak enam orang hingga kini belum ditemukan oleh tim penyelamat dari kapal feri KMP Bandeng yang tenggelam di perairan Loloda Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

“Setelah melakukan pendataan dari korban yang on board di kapal bahwa masih ada enam orang korban yang belum ditemukan yaitu lima ABK dan satu penumpang,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate, Muhammad Arafah, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/8/2018).

Tim SAR Gabungan yang dikerahkan ke lokasi tenggelamnya kapal telah berhasil mengevakuasi sebanyak 45 orang yang selamat dari kecelakaan laut tersebut.

Seluruh penumpang dan ABK yang selamat itu ditemukan pada Kamis dinihari tadi. Mereka dievakuasi menggunakan KN Pandudewanata, di perairan Pulau Doi, Loloda.

Kieraha.com melaporkan 45 orang yang selamat itu ditemukan mengapung dan terombang ambing di tengah gelombang setinggi 2 hingga 3 meter selama kurang lebih 16 jam.

Kompas.com merinci bahwa 28 orang dievakuasi oleh KN Pandudewanata dari liferaft, sementara 17 orang lainnya dievakuasi kapal nelayan.

“Memang kabar pertama yang kami dapatkan dari ASDP bahwa seluruh kru kapal dan penumpang sebanyak 42 orang tapi terakhir ternyata total 45 orang,” kata Arafah.

KMP Feri Bandeng diperkirakan tenggelam pada Rabu (15/8) sekitar pukul 17.20 WIT yang sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Tobelo dengan tujuan Bitung, Sulawesi Utara.

Selain mengangkut penumpang, kapal naas itu juga mengangkut sejumlah kenderaan yang ikut tenggelam. Upaya pencarian terhadap korban yang belum ditemukan masih terus dilakukan oleh Tim SAR gabungan.

 

Editor: Ronny A. Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.