Connect with us

Zona Sulut

Keseruan Panjat Pinang di Desa Tateli Tiga

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 di Desa Tateli Tiga, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, masih belum berakhir.

Pada Sabtu (18/8/2018), Desa Tateli Tiga dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan mulai dari makan kerupuk, lari kelereng, tenis meja, menyanyi, sampai lomba yang paling ditunggu-tunggu panjat pinang.

Mulai anak-anak sampai orang dewasa mengambil bagian menjadi peserta dalam lomba 17-an tersebut. Perlombaan ini diselenggarakan dan disambut dengan antusias oleh masyarakat yang hadir.

Beragam hadiah seperti tas, pakaian dan peralatan dapur menjadi rebutan warga yang ikut dalam perlombaan.

Terdapat dua tiang panjat pinang yang berdiri di lapangan Desa Tateli Tiga untuk diperebutkan oleh para pria. Hanya selang sekitar dua jam, salah satu tiang berhasil ditaklukkan dan satu jam kemudian tiang kedua dapat juga ditaklukkan oleh tim yang sama.

Tim yang berhasil meraih bendera merah putih yang ada di ujung tiang pun membawa pulang sejumlah hadiah dan uang tunai.

Lomba yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Tateli Tiga yang juga didukung oleh siswa-siswi KKN Univesitas Negeri Manado ini berlangsung dengan suara kemeriaan dan tepuk tangan dari masyarakat.

Hukum Tua Desa Tateli Tiga Stenly Gumalang mengatakan, perayaan lomba dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ini dilakukan agar masyarakat tidak lupa dan dapat merayakan akan Hari Ulang Tahun RI.

“Bersyukur acara lomba dapat berjalan dengan baik, juga disambut dengan penuh semangat dari masyarakat Desa Tateli Tiga,” ungkap Stenly kepada wartawan Zona Utara.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

KABAR SULUT

KPU Sulut gelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 

Published

on

Para peserta Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019. (Foto: Istimewa)

MANADO, ZONAUTARA.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Senin (26/8/2019).

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber sebagai pembicara, antara lain anggota KPU bidang Humas Salman Saelangi, Akademisi Kepemiluan Ferry Liando dan Anggota Bawaslu Sulut Mustarin Humagi.

Kepada wartawan, Saelangi mengatakan, bahwa pihaknya menggelar pertemuan tersebut untuk mengevaluasi fasilitasi KPU terhadap peserta Pemilu, yakni calon Anggota DPD RI, Partai Politik (Parpol), serta pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden.

“Jadi tiga jenis itu. Difasilitasi sejak tahun 2018 berupa baliho, spanduk, juga iklan kampanye,” ujar Saelangi.

Menurut dia, untuk KPU Provinsi sebatas calon Anggota DPD RI. Sedangkan untuk parpol dan calon Presiden-calon Wakil Presiden ada di KPU RI.

“Untuk kabupaten/kota tidak melaksanakan, hanya sebatas di KPU Provinsi,” tandasnya.

Selain itu, pada rapat tersebut ikut juga dibahas terkait jadwal kampanye rapat umum. Walaupun, secara jadwal dilakukan oleh KPU RI.

“Kami di provinsi melengkapi dengan jadwal kampanye rapat umum untuk calon anggota DPD RI,” tambahnya.

Dari semua yang difasilitasi KPU, kata Saelangi, agenda hari ini adalah mengevaluasi dan menyerap aspirasi apa-apa yang dirasa kurang dan kemudian yang masih disempunakan.

“Kabupaten/kota kami libatkan, karena mereka juga sudah melakukan evaluasi yang sama. Nantinya aspirasi kita rekap dan gabungkan menjadi masukan ke KPU RI,” ungkapnya

“Untuk Alat Peraga Kampanye, ada permintaan serta masukan, agar KPU mengusulkan anggaran sampai pada pemasangan dan perawatan APK. Ini akan diteruskan dan dirancangkan anggarannya untuk diusulkan ke pemerintah. Dengan harapan, pada pemilihan-pemilihan ke depan, apa yang difasilitasi KPU bisa dimanfaatkan maksimal,” kunci Saelangi. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com