Peringatan HUT RI di Kota Bitung Berlangsung Khidmat

BITUNG, ZONAUTARA.com Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, dilaksanakan di Stadion Duasudara, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Jumat (17/8/2018).

Upacara yang berlangsung khikmat tersebut, dipimpin langsung Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Kegiatan diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kota Bitung, yang dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Pancasila, serta diakhiri dengan pembacaan doa oleh Pdt Azer Esau.

Sementara, yang bertindak sebagai Komandan Upacara, yaitu Kapten Inf Jhonny Sarapung.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pun tampil apik di bawah asuhan Axel Galatang.

Dalam sambutannya, Lomban mengatakan, bahwa hari kemerdekaan tersebut adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia.

“Pada hari ini kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI. Kita bersyukur kepada Tuhan yang telah meridhoi cita-cita kita menjadi bangsa yang merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu di tengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika,” kata Lomban.

Menurut dia, atas dasar Kebhinekaan inilah, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat. Lomban pun mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memahami kembali Pancasila secara utuh, serta Kebhinekaan sebagai sebuah anugerah.

Lomban menambahkan, bahwa dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, seluruh lapisan masyarakat diharapkan terus bekerja untuk membangun bangsa yang kita cintai, bangsa Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. Kerja Kita, Prestasi Bangsa,” pungkas Lomban. (Gary Kaligis)

 

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.