Connect with us

Zona Sulut

Peringatan HUT RI di Kota Bitung Berlangsung Khidmat

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, dilaksanakan di Stadion Duasudara, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Jumat (17/8/2018).

Upacara yang berlangsung khikmat tersebut, dipimpin langsung Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Kegiatan diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kota Bitung, yang dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Pancasila, serta diakhiri dengan pembacaan doa oleh Pdt Azer Esau.

Sementara, yang bertindak sebagai Komandan Upacara, yaitu Kapten Inf Jhonny Sarapung.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pun tampil apik di bawah asuhan Axel Galatang.

Dalam sambutannya, Lomban mengatakan, bahwa hari kemerdekaan tersebut adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia.

“Pada hari ini kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI. Kita bersyukur kepada Tuhan yang telah meridhoi cita-cita kita menjadi bangsa yang merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu di tengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika,” kata Lomban.

Menurut dia, atas dasar Kebhinekaan inilah, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat. Lomban pun mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memahami kembali Pancasila secara utuh, serta Kebhinekaan sebagai sebuah anugerah.

Lomban menambahkan, bahwa dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, seluruh lapisan masyarakat diharapkan terus bekerja untuk membangun bangsa yang kita cintai, bangsa Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. Kerja Kita, Prestasi Bangsa,” pungkas Lomban. (Gary Kaligis)

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

KABAR SULUT

KPU Sulut gelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 

Published

on

Para peserta Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019. (Foto: Istimewa)

MANADO, ZONAUTARA.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Senin (26/8/2019).

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber sebagai pembicara, antara lain anggota KPU bidang Humas Salman Saelangi, Akademisi Kepemiluan Ferry Liando dan Anggota Bawaslu Sulut Mustarin Humagi.

Kepada wartawan, Saelangi mengatakan, bahwa pihaknya menggelar pertemuan tersebut untuk mengevaluasi fasilitasi KPU terhadap peserta Pemilu, yakni calon Anggota DPD RI, Partai Politik (Parpol), serta pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden.

“Jadi tiga jenis itu. Difasilitasi sejak tahun 2018 berupa baliho, spanduk, juga iklan kampanye,” ujar Saelangi.

Menurut dia, untuk KPU Provinsi sebatas calon Anggota DPD RI. Sedangkan untuk parpol dan calon Presiden-calon Wakil Presiden ada di KPU RI.

“Untuk kabupaten/kota tidak melaksanakan, hanya sebatas di KPU Provinsi,” tandasnya.

Selain itu, pada rapat tersebut ikut juga dibahas terkait jadwal kampanye rapat umum. Walaupun, secara jadwal dilakukan oleh KPU RI.

“Kami di provinsi melengkapi dengan jadwal kampanye rapat umum untuk calon anggota DPD RI,” tambahnya.

Dari semua yang difasilitasi KPU, kata Saelangi, agenda hari ini adalah mengevaluasi dan menyerap aspirasi apa-apa yang dirasa kurang dan kemudian yang masih disempunakan.

“Kabupaten/kota kami libatkan, karena mereka juga sudah melakukan evaluasi yang sama. Nantinya aspirasi kita rekap dan gabungkan menjadi masukan ke KPU RI,” ungkapnya

“Untuk Alat Peraga Kampanye, ada permintaan serta masukan, agar KPU mengusulkan anggaran sampai pada pemasangan dan perawatan APK. Ini akan diteruskan dan dirancangkan anggarannya untuk diusulkan ke pemerintah. Dengan harapan, pada pemilihan-pemilihan ke depan, apa yang difasilitasi KPU bisa dimanfaatkan maksimal,” kunci Saelangi. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com