Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Ekonomi dan Bisnis

Bandara Sam Ratulangi Manado Siap Gelar Latihan PKD Skala Besar

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Bandara Sam Ratulangi Manado akan melakukan kegiatan Pelatihan Penanggulan Keadaan Darurat (PKD). Kegiatan itu rencananya akan digelar pada 29 Agustus 2018.

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menguji implementasi Dokumen Airport Emergency Plan (AEP), Airport Security Program (ASP) serta memantapkan dan meningkatkan sistem keamanan dan keselamatan penerbangan dalam Penanggulangan Keadaan Darurat di area Bandar Udara Sam Ratulangi Manado.

Kegiatan PKD dilakukan guna menguji kesiapan personel, fasilitas, prosedur, serta koordinasi, fungsi komunikasi dan komando masing-masing institusi dalam mengambil langkah dan tindakan.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk menguji, melatih, dan memantapkan keterampilan maupun kemampuan personel sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing bidang serta menguji kehandalan sarana dan prasana penunjang. Hal ini dilakukan guna meminimalkan jumlah korban maupun kerugian, apabila terjadi kecelakaan di lingkungan Bandar Udara dengan mengerahkan segala potensi yang ada dalam memberikan pelayanan pertolongan maupun penyelamatan secara cepat dan tepat,” ujar General Manager Bandara Sam Ratulangi, Minggus E.T Gandeguai, Jumat (24/8).

Dalam dunia penerbangan keadaan darurat terbagi menjadi dua jenis yaitu keadaan darurat yang melibatkan pesawat udara dan tidak melibatkan pesawat udara.

Oleh karenanya kegiatan PKD yang akan diselenggarakan di Bandara Sam Ratulangi Manado ini terbagi dalam 3 jenis kegiatan latihan yang akan dilakukan seluruhnya dalam satu hari (29/8) mulai pukul 13.00 hingga 22.00 WITA,.

Adapun kegiatan latihannya meliputi Aircraft Accident Exercise (Full Scale), yaitu Skenario Kecelakaan Pesawat Udara yang dilaksanakan di area Grid Map D2 atau berada di sebelah utara runway 18 Bandara Sam Ratulangi Manado; Airport Security Exercise, yaitu skenario demonstrasi huru-hara dilaksanakan di depan Bandara Sam Ratulangi Manado; serta Domestic Fire Exercise (Building Fire), yaitu Skenario Kebakaran Gedung yang dilaksanakan di gedung Tower Perum LPPNPI (Airnav Indonesia).

“Aktivitas bandara akan tetap berjalan normal selama latihan, namun tetap harapan kami para calon penumpang yang akan menggunakan Bandara Sam Ratulangi pada tanggal 29 Agustus 2018 dapat hadir lebih awal guna menghindari terjadinya keterlambatan. Khawatir para calon penumpang kebingungan bahkan kepanikan karena adanya latihan ini,” tambah Minggus.

Pada saat kegiatan latihan tersebut akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas keluar dan masuk ke area bandara yang telah dikoordinasikan dengan aparat keamanan setempat. Nantinya jalur masuk kendaraan melalui Toll Gate Keluar Bandara Sam Ratulangi dan kemudian akses keluar Bandara Sam Ratulangi Manado akan diarahkan melalui akses rumah dinas yang akan keluar ke arah area Koka.

Adapun sifat latihan yang akan dilakukan pada PKD ini bersifat skala besar yang akan melibatkan berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan PKD ini diantaranya Perum LPPNPI (AirNav Indonesia) Cabang Manado, Otoritas Bandara Wilayah VIII, TNI POLRI, SAR, BMKG, Balai Karantina, Airlines, Rumah Sakit setempat, dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini, Bandara Sam Ratulangi Manado ingin menunjukkan komitmennya dalam pemenuhan standar aspek penting dalam penerbangan yaitu 3S+1C (Safety, Security, Service, and Compliance) pada para pengguna jasa kebandarudaraan melalui kolaborasi yang intensif antar peserta latihan baik pihak internal dan eksternal dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan keadaan darurat. (*)

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ekonomi dan Bisnis

Ingin belajar bangun Startup?, wajib ikut event ini

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Indonesia telah memiliki empat perintis unicorn startup, yang terus dilirik investor asing. Unicorn adalah istilah yang disematkan bagi perusahaan rintisan dengan valuasi diatas USD 1 miliar.

Dengan bonus demografi yang sangat besar, iklim startup Indonesia terus tumbuh signifikan. Saban saat berbagai perusahaan rintisan dan aplikasi startup bermunculan.

“Kota Manado sudah sepantasnya mengambil bagian dalam momentum ini dengan menumbuhkembangkan minat masyarakat dalam membentuk startup baru,” ujar Patrice Sagay yang mengawangi Sarang Inovasi.

Sarang Inovasi yang mengelola coworking space di Manado akan menggelar event Startup Weekend pada tanggal 24-26 Mei 2019 di Sarang Inovasi Coworking Space, Hotel Grand Puri. Event ini sangat penting bagi siapa saja yang sedang berkeinginan membangun startup.

Startup Weekend sendiri adalah program yang diinisiasi oleh Techstar yang merupakan organisasi seed accelerator. Program ini bertujuan menggerakkan masyarakat lokal di masing-masing negara untuk membentuk ekosistem startup.

Peserta Startup Weekend ditantang memaparkan ide startupnya. Ide terbaik akan dipilih oleh peserta lain sehingga akan terbentuk tim dengan lintas keahlian, yang kemudian akan bekerja dengan bimbingan mentor yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Tim yang terbentuk itu kemudian akan membuat produk startup yang dipresentasikan di hadapan juri.

Manado merupakan satu dari enam kota yang akan menggelar Startup Weekend, yang total jam pertemuannya berlangsung selama 54 jam.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memacu keinginan dari masyarakat Manado untuk berinovasi dan turut serta dalam membangun ekosistem startup, sekaligus mempersiapkan sumber daya manusia lokal dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Patrice.

Patrice menambahkan, peserta terbuka untuk umum baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja lepas maupun pegawai kantor.

Untuk pendaftaran bisa langsung dilink ini: http://bit.ly/SWmanado1 atau kontak organizer di nomor layanan 089699456007 (Enca). Informasi lain yang berhubungan dengan kegiatan ini dapat juga diikuti di akun Instagram @startupweekend_manado dan FB Page Startup Weekend Manado.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending