bar-merah

Di Usia 24 Tahun, AJI Beri Perhatian Bagi Ancaman Digital

zonautara.com
Ketua AJI Abdul Manan saat memberikan sambutan pada HUT AJI ke-24. (Foto: zonautara,com/Via)

ZONAUTARA.com – Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan memberi perhatian terhadap ancaman bagi jurnalis di era yang semakin digital ini.

Dalam sambutan peringatan ulang tahun AJI ke-24 di Bentara Budaya, Jakarta, Jumat (7/9/2018) tadi malam, Manan meminta anggota AJI harus tetap menunjukkan sikap indepeden di era media booming internet dan tingginya pemakaian media sosial saat ini.

Menurut Manan, Independensi merupakan salah satu prinsip etik yang penting dalam profesi jurnalis. Meski ditegaskan dalam pasal pertama dalam Kode Etik Jurnalistik, ini merupakan prinsip yang tidak mudah dalam pelaksanaannya.

Bagian dari menjaga independensi itu, ia menyarankan agar jurnalis menahan diri menggunakan media sosial di tahun politik ini.

“Sikap kita di media sosial akan mempengaruhi independensi kita,” katanya Manan.

AJI juga meluncurkan buku laporan tahunan AJI 2018 berjudul “Ancaman Baru dari Digital” yang menyoroti dampak terkini dari digitalisasi.

Menurut kajian AJI, digitalisasi memberi ruang besar bagi munculnya persekusi dan doxing terhadap jurnalis. Doxing adalah tindakan membongkar identitas seorang dan menyebarkan ke sosial media untuk tujuan negatif disertai dengan ancaman dan intimidasi.

Di usia ke-24 tahun, AJI juga meluncurkan program membangun “Rumah Jurnalisme”, inisiatif pelibatan publik untuk membangun kembali sekretariat AJI Indonesia di daerah Kwitang, Jakarta Pusat.

Rumah ini diproyeksikan akan memberi ruang publik lebih besar, yang antara lain berupa tempat pelatihan dan perpustakaan.
“Alokasi ruang publiknya akan mencapai 75 persen,” ujar Ketua Panitia pembangunan Rumah Jurnalisme, Bayu Wardhana.

Dalam HUT Jumat malam, AJI mengundang mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan untuk menyampaikan orasi kebudayaan. Dalam pidatonya Bagir Manan mengingatkan pers atau media sebagai institusi sosial yang mempunyai tanggung jawab besar ke publik.
Bagir Manan juga menyoroti ketidakpatuhan jurnalis dan media pada prinsip etik. Ia mengkhawatirkan praktik-praktik tidak profesional ini dapat “membunuh” jurnalisme itu sendiri.

 

Beri Penghargaan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam peringatan ulang tahun ini AJI juga memberikan sejumlah penghargaan. Masing-masing: Udin Award, Tasrif Award, dan SK Trimurti Award. Penghargaan diberikan kepada mereka yang berdedikasi dalam memperjuangkan kebebasan pers.

Yang dinominasikan dalam Udin Award 2018 adalah para jurnalis atau kelompok jurnalis yang menjadi korban kekerasan sepanjang Agustus 2017 hingga Juli 2018. Usulan itu disampaikan berbagai pihak.

Dalam catatan AJI, setidaknya ada 75 kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi sepanjang rentang waktu itu. Buntut dari kekerasan itu kemudian melahirkan tindakan persekusi terhadap media dan jurnalis oleh kelompok yang tidak setuju dengan pemberitaan.

Dengan berbagai pertimbangan, Dewan juri Udin Award tahun ini akhirnya memilih Tempo Media dan Heyder Affan dari BBC Indonesia sebagai pemenang Udin Award 2018.

Dewan Juri Udin Award masing-masing Direktur YLBHI Asfinawati, Direktur AMnesty Internasional Usman Hamid, dan Indonesia Hesti Murthi (AJI).

Tempo Media menerima serangan persekusi oleh organisasj setelah menurunkan karikatur yang dianggap melecehkan pimpinan FPI Rizieq Shihab. Jauh sebelum persekusi FPI, Tempo juga kerap menghadapi tekanan, serangan, maupun gugatan karena pemberitaan-pemberitaan kritisnya.

Namun tekanan tersebut tidak menyurutkan daya kritisnya untuk terus menyajikan berita yang pada akhirnya membuka mata publik.

Sementara itu, Heyder Affan, wartawan BBC Indonesia, dipilih setelah beberapa waktu lalu mengalami pengusiran saat meliput penanganan masalah campak dan gizi buruk di Papua hingga dia tak bisa melanjutkan liputan.

Affan dan dua rekannya, diusir oleh aparat keamanan karena dituding memberitakan kondisi yang tidak memihak pada upaya penanganan yang dilakukan pemerintah.

Sementara Tasrif Award didedikasikan untuk mengenang Suardi Tasrif. Sosok ini dikenal sebagai “Bapak Kode Etik Jurnalistik Indonesia” dan orang yang tidak kenal lelah memperjuangkan kemerdekaan berpendapat, hak konstitusional yang selalu disebut-sebut sebagai hak fundamental pemenuhan HAM.

Pada Tasrif Award 2018 ini, dewan juri menyatakan Masyarakat Anti Fitnah Indoensia (MAFINDO) sebagai pemenang Tasrif Award. Dewan juri menilai apa yang selama ini dikerjakan MAFINDO merupakan satu usaha yang konsisten dan gigih memerangi massifnya sebaran konten-konten bohong atau hoax.

Dewan Juri Tasrif Award masing-masing: M. Savic Ali (NU Online/Gusdurian), Arfi Bambani (AJI), dan Yati Andriani (Kontras).

Penghargaan berikutnya adalah SK Trimurti. Penghargaan ini diberikan AJI dalam upaya mengenang dan menghormati perjuangan seorang perempuan pahlawan nasional, sekaligus jurnalis perempuan bangsa ini yakni Soerastri Karma Trimurti.

Dewan Juri yang terdiri dari Mariana Amiruddin (Komisioner Komnas Perempuan), Citra Dyah Prastuti (AJI), dan Ahmad Junaidi (SEJUK).

Dewan Juri menetapkan Devi Asmarani, pendiri Magdalena.co menjadi pemenang SK Trimurti Award 2018. Juri menilai Devi telah mempunyai kepedulian dan aktif menyuarakan persoalan perempuan dan kesetaraannya. Devi telah melakukan perjuangan feminisme melalui tulisan, buku dan medianya yang tidak mainstream.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com