Connect with us

Zona Minahasa

Bupati ROR Jajaki Kerjasama Sister City di Jepang

Published

on

TOKYO, ZONAUTARA.com Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) terus menunjukkan keseriusannya untuk membangun Minahasa. Buktinya, di sela-sela pelaksanaan Konferensi Danau se-Dunia yang berlangsung di Jepang, ROR pun menyempatkan waktu menemui sejumlah pihak berkompeten dalam rangka membahas kerjasama Sister City.

Hal itu dilakukan ROR saat mengunjungi Ministry of Foreign Affair of Japan (MOFA) atau kantor Kementerian Luar Negeri, di Kota Tokyo, Selasa (16/10/2018).

Bupati dalam kesempatan tersebut mengunjungi sejumlah tokoh penting di antaranya Director Second Southeast Asia Division (Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Timor Leste) Shingo Miyamoto, Deputy Director Moyatsu Tanaka, Bambang Rudyanto dari WAKO University dan Hiromi Seto dari PCI di Jepang.

“Kita membahas soal danau dan kerjasama sister city karena saya kira itu akan membawa dampak positif. Untuk itu, kita berencana menjalin kerjasama ini yang nantinya diharapkan akan membantu fungsi pemerintah dalam membina pemerintah daerah dan masyarakat untuk turut serta secara aktif dalam pembangunan,” kata ROR, menjelaskan inti pertemuan tersebut.

Kerjasama sister city, lanjut dia, merupakan persetujuan antara dua kota atau daerah, negara bagian atau prefektur yang memiliki satu atau lebih kemiripan karakteristik. Di mana, dua daerah tersebut terdapat pada dua daerah atau negara yang berbeda.

“Maksudnya kemiripan soal budaya, latar belakang sejarah atau jika dilihat dari segi geografis kedua daerah sama-sama sebagai daerah sentra pertanian, pantai atau daerah kepulauan. Pada intinya, kerjasama diarahkan untuk penyelenggaraan hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan antar dua daerah,” jelas ROR.

Dia mencontohkan, kerjasama dapat dilakukan di sektor-sektor tertentu yang punya kemiripan, termasuk kerjasama di bidang tenaga kerja.

“Selain itu, kita bisa lakukan kerja sama di bidang pertanian atau pariwisata dengan salah satu kota di Jepang. Dengan demikian, akan tercipta hubungan yang saling membangun dan masyarakat akan menikmati manfaatnya nanti,” tandas Bupati.

Sementara dalam kunjungan kerjanya di Jepang, selain menghadiri Konferensi Danau se-Dunia dan pembahasan kerjasama Sister City, Bupati juga menjadwalkan pertemuan dengan warga Minahasa yang berada di Kota Oarai.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Olahraga

Mandolang Soccer Cup buka pendaftaran tournament sepakbola

Open tournamnet Soccer Cup memperebutkan tropi Camat Mandolang dan uang tunai dengan total 16 juta rupiah.

Published

on

Open Tornament Mandolang Soccer Cup. (Foto: Istimewa)

MINAHASA, ZONAUTARA.com Kecamatan Mandolang melalui panitia Mandolang Soccer Cup mengadakan open tournament sepakbola terbuka untuk umum yang akan dimulai pada Sabtu (24/5/2019).

Masa pendaftaran tim sepakbola sudah dibuka dan menerima semua tim yang ingin mendaftar tanpa pilihan kategori.

Pada pertandingan Mandolang Soccer Cup ini, tim sepakbola akan memperebutkan tropi Camat Mandolang dan uang tunai dengan total Rp16 juta. Dengan catatan setiap, tim harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350 ribu.

Pada babak penyisihan, ada sebanyak 128 tim yang akan bertarung untuk masuk pada babak selanjutnya.

Ketua panitia Mandolang Soccer Cup, Rafel Wallah saat ditemui wartawan Zona Utara mengungkapkan, mereka sangat siap dan antusias mengadakan open tournament ini.

“Kami panitia para muda-mudi di Desa Tateli dan Tateli Tiga sangat semangat, karena melihat banyaknya orang di desa kami dari semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa sangat senang dengan hobi olahraga ini,” ungkapnya.

Itu buktinya, kata dia, anak-anak yang tergabung dalam tim sepakbola Desa Tateli Tiga bole membawa nama Sulawesi Utara (Sulut) sampai ke tingkat nasional pada tahun lalu dan juga ada beberapa anak muda yang pernah bergabung dengan tim sepakbola daerah.

Menurut dia, panitia Mandolang Soccer Cup sudah sangat mengerti bagaimana mengadakan open tournament sepakbola. Apalagi, pada dua tahun lalu sempat sukses mengadakan tournament seperti ini.

Kegiatan inipun mendapat dukungan penuh dari Camat Mandolang Arthur Palilingan.

“Saya sangat mendukung open tournament ini, melalui ini juga kita bisa melihat bibit-bibit yang ada di Kecamatan Mandolang yang gemar bermain sepakbola,” ungkap Arthur.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com