Connect with us

Zona Tomohon

Yunita Kini Tak Lagi Lewati Jalan Berlumpur

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Salah satu pekerjaan fisik dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kelurahan Pangolombian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, adalah perintisan dan pengerasan jalan baru.

Di mana, total panjang perintisan dan pengerasan jalan baru 1.975 yang tersebar di beberapa titik di Kelurahan Pangolombian.

Yunita Sareseh (32), warga Lingkungan I, Kelurahan Pangolombian, merupakan salah satu warga yang mengaku sangat menikmati manfaat dengan dirintisnya jalan baru oleh TMMD tersebut. Menurut Yunita, dirinya pun kini tak lagi melewati jalan yang berlumpur seperti dulu.

“Kami bersyukur sekali. Jalan somo jadi bagus. Kalo dulu jalan roda, ba pece. Kadang kalo anak-anak mo pi skola, nanti baganti baju di bawah karena tako jang smo pece tu seragam. (Jalan sudah mau jadi bagus. Kalau dulu jalan roda, berlumpur. Terkadang kalau anak-anak mau ke sekolah, nanti ganti pakaian seragam di bawah karena takut seragamnya kotor terkena lumpur),” ungkap Yunita.

Dia pun mengaku, walaupun masih dalam pengerjaan, tapi sudah mulai merasakan manfaat dibukanya jalan baru tersebut.

Fredy turut bersama dengan para personel TMMD di lokasi perintisan jalan. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

Senada diungkapkan Fredy Kaunang (52), warga yang sama. Fredy yang merupakan Wakil Kepala Lingkungan ini pun mengaku sangat senang dengan adanya perintisan jalan oleh Satgas TMMD ini.

“Kami sangat senang, karena ini sudah meringankan masyarakat, apalagi di pemukiman baru ini,” ujar Fredy yang turut serta membantu Satgas TMMD, di lokasi perintisan dan pengerasan jalan.

Menurut dia, masyarakat setempat pun sangat mengapresiasi kehadiran TMMD tersebut dan juga turut serta dalam pembangunan.

Dia pun mengaku berterima kasih kepada TNI yang sudah melaksanakan TMMD di daerahnya tersebut.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Lebaran Ketupat di ‘Kamja’ Tomohon dirayakan terbatas dan patuhi protap

Published

on

Pimpinan Daerah DMI Kota Tomohon Zamroni Khan di sela-sela perayaan Lebaran Ketupat di Kampung Jawa Tomohon. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Sepekan pasca-Hari Raya Idul Fitri, dirayakan oleh umat muslim sebagai Lebaran Ketupat.

Bagi umat muslim yang ada di Kelurahan Kampung Jawa (Kamja), Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Lebaran Ketupat merupakan salah satu kearifan lokal yang terus dilestarikan dan dilaksanakan dari tahun ke tahun.

Tak sedikit masyarakat dari dan luar Kota Tomohon yang ‘menyerbu’ daerah ini di saat perayaan Lebaran Ketupat.

Sayangnya, perayaan Lebaran Ketupat di Kampung Jawa Tomohon Minggu (31/5/2020), tidak akan seperti tahun-tahun sebelumnya. Banyaknya tamu hingga macetnya jalanan kini tidak akan didapati.

Pasalnya, perayaan Lebaran Ketupat kini harus dirayakan secara terbatas dan bahkan menggunakan prosedur tetap (protap) penanganan Covid-19.

Doa bersama di Masjid Nurul Iman yang biasanya dihadiri seluruh jamaah pun kini hanya dihadiri para tokoh agama dan tokoh masyarat bersama Ketua BTM Agussalim Saleh dan Lurah Aep Satriya Wibawa dan dipimpin langsung Imam Masjid Suharto Abusalam.

Sementara, umat muslim di Kampung Jawa hanya bisa merayakan Lebaran Ketupat dengan anggota keluarga.

Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tomohon Zamroni Khan mengatakan, kearifan lokal yang selama ini dirayakan tetap dilaksanakan dan dipertahankan.

“Namun, karena ini keadaan pandemi, tentu harus mengikuti imbauan pemerintah. Antara lain, cukup merayakan dengan keluarga inti, tidak mengundang saudara-saudara yang dari luar,” ujar Zamroni.

Menurut Zamroni, dalam perayaan Lebaran Ketupat, jamaah pun dilarang berkerumun, tetap pakai masker dan dilarang berpelukan atau bersalaman.

Dia berharap, kondisi saat ini bisa segera berlalu sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa, bahkan bisa merayakan hari raya keagamaan secara bersama-sama tanpa adanya batasan seperti saat ini.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com