Connect with us

Zona Tomohon

Yunita Kini Tak Lagi Lewati Jalan Berlumpur

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Salah satu pekerjaan fisik dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kelurahan Pangolombian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, adalah perintisan dan pengerasan jalan baru.

Di mana, total panjang perintisan dan pengerasan jalan baru 1.975 yang tersebar di beberapa titik di Kelurahan Pangolombian.

Yunita Sareseh (32), warga Lingkungan I, Kelurahan Pangolombian, merupakan salah satu warga yang mengaku sangat menikmati manfaat dengan dirintisnya jalan baru oleh TMMD tersebut. Menurut Yunita, dirinya pun kini tak lagi melewati jalan yang berlumpur seperti dulu.

“Kami bersyukur sekali. Jalan somo jadi bagus. Kalo dulu jalan roda, ba pece. Kadang kalo anak-anak mo pi skola, nanti baganti baju di bawah karena tako jang smo pece tu seragam. (Jalan sudah mau jadi bagus. Kalau dulu jalan roda, berlumpur. Terkadang kalau anak-anak mau ke sekolah, nanti ganti pakaian seragam di bawah karena takut seragamnya kotor terkena lumpur),” ungkap Yunita.

Dia pun mengaku, walaupun masih dalam pengerjaan, tapi sudah mulai merasakan manfaat dibukanya jalan baru tersebut.

Fredy turut bersama dengan para personel TMMD di lokasi perintisan jalan. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

Senada diungkapkan Fredy Kaunang (52), warga yang sama. Fredy yang merupakan Wakil Kepala Lingkungan ini pun mengaku sangat senang dengan adanya perintisan jalan oleh Satgas TMMD ini.

“Kami sangat senang, karena ini sudah meringankan masyarakat, apalagi di pemukiman baru ini,” ujar Fredy yang turut serta membantu Satgas TMMD, di lokasi perintisan dan pengerasan jalan.

Menurut dia, masyarakat setempat pun sangat mengapresiasi kehadiran TMMD tersebut dan juga turut serta dalam pembangunan.

Dia pun mengaku berterima kasih kepada TNI yang sudah melaksanakan TMMD di daerahnya tersebut.

 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Kebudayaan aset penting dalam pembangunan daerah

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbuda) menggelar Seminar Peningkatan Kapasitas Budaya Daerah, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon, Jumat (19/7/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) H.V. Lolowang, hadir dalam seminar tersebut.

Dalam sambutannya, Lolowang mengatakan, masyarakat Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan kebudayaan.

Menurut Lolowang, kebudayaan harus dianggap sebagai aset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

“Masyarakat Tomohon hanya dapat menjadi masyarakat yang besar apabila mampu mewujudnyatakan kebudayaan ke dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebudayaan daerah menghadapi tantangan, yaitu ketika kekuatan budaya lokal, kearifan lokal, nilai-nilai tradisional dianggap tidak lagi relevan, hingga mulai diabaikan oleh pelaku budayanya.

“Diperlukan sebuah terobosan yang baru dari pelaku budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang ada agar tidak terbawa arus globalisasi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot Tomohon melalui Dikbuda Kota Tomohon bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan Seminar Nasional untuk membahas budaya lokal yang ada di Kota Tomohon sebagai upaya peningkatan kapasitas budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat.

“Pemkot Tomohon memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya yang telah memberikan kesempatan kepada Pemkot Tomohon dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah untuk melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Turut hadir juga pada kegiatan ini Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Madjmuddin Ramly, para tokoh-tokoh pemerhati budaya dan akademisi di Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com