Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA TERKINI

Hanya lulus SMK, kakak adik ini mendesain pesawat petani Amerika

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Dua kakak adik asal Salatiga, Jawa Tengah yang hanya lulus SMK, mampu memproduksi berbagai desain yang 99 persen datang dari luar negeri.

Mereka adalah Arfian Fuadi (2) dan M Arie Kurniawan (24). Keduanya mendirikan usaha design engineering DTECH-ENGINEERING sejak 2009.

Perusahaan yang dikenal dengan kualitas desain yang prima ini sudah mengerjakan ratusan proyek. Ide-ide desain kakak-adik ini sudah dikenal luas di luar negeri. Hanya 1 persen order datang dari Indonesia.

Berbagai desain benda sudah pernah dibuat oleh mereka, diantaranya pena, gantungan kuci, chasis mobil, drone, hingga pesawat.

Arfian dan Arie sudah pernah mendapatkan pesanan membuat desain pesawat ultralight. Pesawat kecil itu biasa digunakan oleh petani di Amerika untuk memantau ladang atau ternak mereka.

Sebanyak tiga model pesawat ultralight desain keduanya sudah diproduksi di Kansas. Bahkan model dari desain kakak adik ini sudah disertifikasi di beberapa negara.

Arifan dan Arie (dok pribadi/detik.com)

“Sudah disertifikasi di Jerman, Inggris, dan Kanada. Kalau di Indonesia, hmmm susah,” ujar Arfian sebagaimana dikutip dari GoodNews From Indonesia.

Arfian mengakui, jasa perusahan mereka banyak diminati oleh pihak asing. Sementara kemampuan kedua kakak adik ini belum banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia sendiri.

Arfian dan Arie tidak memegang ijazah akademik yang tinggi. Kemampuan desain teknik mereka semata diperoleh dari belajar secara otodidak. Kini mereka memiliki tujuh karyawan.

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Siaga Lebaran, Basarnas siagakan KN Bima Sena 228

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com Kantor SAR Manado melaksanakan Siaga Khusus dalam pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2019 ini.

Berbagai peralatan dan fasilitas milik Basarnas pun disiagakan guna terwujudnya pelayanan pencarian dan pertolongan atau SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk masyarakat, serta membantu unsur-unsur terkait.

Salah satunya, KN Bima Sena 228 bersama 19 personel anak buah kapal yang telah disiagakan untuk melakukan Siaga Lebaran.

Pengecekan peralatan, perahu karet, rescue boat 405, hingga pengisian tabung oksigen untuk selam pun telah dilakukan para personel Basarnas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor SAR Manado Gede Darmada.

Di mengatakan, pihaknya telah siap dalam melaksanakan Siaga Lebaran.

“Sejumlah peralatan utama (alut) yang dimiliki Basarnas baik darat dan laut telah disiapkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ujarnya, Kamis (24/5/2019).

Dia menegaskan, seluruh personrl akan siaga mulai 28 Mei hingga 13 Juni mendatang di wilayah-wilayah strategis.

“Mulai dari pelabuhan, bandara, serta tempat-tempat wisata yang biasanya ramai saat libur lebaran,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending