bar-merah

Hanya lulus SMK, kakak adik ini mendesain pesawat petani Amerika

zonautara.com
Beberapa desain karya Arfian dan Arie. (Dicapture dari website DTECH-Engineering)

ZONAUTARA.com – Dua kakak adik asal Salatiga, Jawa Tengah yang hanya lulus SMK, mampu memproduksi berbagai desain yang 99 persen datang dari luar negeri.

Mereka adalah Arfian Fuadi (2) dan M Arie Kurniawan (24). Keduanya mendirikan usaha design engineering DTECH-ENGINEERING sejak 2009.

Perusahaan yang dikenal dengan kualitas desain yang prima ini sudah mengerjakan ratusan proyek. Ide-ide desain kakak-adik ini sudah dikenal luas di luar negeri. Hanya 1 persen order datang dari Indonesia.

Berbagai desain benda sudah pernah dibuat oleh mereka, diantaranya pena, gantungan kuci, chasis mobil, drone, hingga pesawat.

Arfian dan Arie sudah pernah mendapatkan pesanan membuat desain pesawat ultralight. Pesawat kecil itu biasa digunakan oleh petani di Amerika untuk memantau ladang atau ternak mereka.

Sebanyak tiga model pesawat ultralight desain keduanya sudah diproduksi di Kansas. Bahkan model dari desain kakak adik ini sudah disertifikasi di beberapa negara.

Arifan dan Arie (dok pribadi/detik.com)

“Sudah disertifikasi di Jerman, Inggris, dan Kanada. Kalau di Indonesia, hmmm susah,” ujar Arfian sebagaimana dikutip dari GoodNews From Indonesia.

Arfian mengakui, jasa perusahan mereka banyak diminati oleh pihak asing. Sementara kemampuan kedua kakak adik ini belum banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia sendiri.

Arfian dan Arie tidak memegang ijazah akademik yang tinggi. Kemampuan desain teknik mereka semata diperoleh dari belajar secara otodidak. Kini mereka memiliki tujuh karyawan.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com