Loading...
Copy

30 tukang las Indonesia diimpor Polandia

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Sebanyak 30 pemuda yang menguasai keahlian di bidang pandai besi dan ahli las diberangkatkan ke Polandia, pada 20 November 2018 lalu.

Keberangkatan para “tukang” las itu untuk memenuhi kebutuhan Polandia akan tenaga kerja Indonesia (TKI).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Polandia memfasilitasi keberangkatan mereka.

“Mencari nafkah halal dengan pendapatan yang terhormat dan tempat tinggal yang layak,” tutur Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F. Gontha, mengenai kedatangan 30 tenaga kerja semi-skilled tersebut di Warsawa, ibu kota Polandia, seperti dikutip dari laman Good News from Indonesia.

Datangnya puluhan pemuda pandai besi dan ahli las ini turut menjadi kebanggaan KBRI di Polandia. Pasalnya, dengan membawa para tenaga kerja ini ke Polandia, artinya KBRI telah memberi kesempatan besar pada rakyat Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri.

Peter sebelumnya sempat menyuarakan permintaan Polandia yang menginginkan 20.000 pekerja Indonesia diekspor ke sana. Tapi bukan untuk menjadi pembantu rumah tangga, melainkan tenaga khusus di bidang-bidang tertentu.

“Saya menyampaikan beberapa kemungkinan yang dapat dikerjasamakan antara Polandia dan daerah DKI khususnya. Polandia menginginkan mendapatkan 20.000 tenaga kerja untuk Polandia dari Indonesia,” tuturnya, dikutip dari Suara.com.

Permintaan itu kemudian disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dengan mengirim tenaga kerja ke Polandia, bisa menjadi awal kerja sama investasi dengan negara tersebut.

Editor: Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.