Harga Tomat Apel di pasar tradisional kini melejit

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Harga Tomat Apel yang dijual pedagang di pasar tradisional di Kota Manado kini bergerak sentimentil.

Berdasarkan pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah (Disperindagda) Provinsi Sulawesi Utara di Pasar Pinasungkulan Karombasan dan Pasar Bersehati, Senin (10/12/2018), harga rata-rata Tomat Apel tersebut melejit dari posisi Rp 5.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 9.000 per kg.

Artinya, perubahan harga Bahan Pokok Pangan (Bapokpan) tersebut mencapai 12 persen dibanding hari sebelumnya.

Sementara harga jenis Bapokpan lainnya justru merosot turun. Misalnya, Cabe (Rica) Merah Keriting turun dari posisi rata-rata Rp 32.000 per kg menjadi Rp 30.000 per kg. Rica Rawit Merah dari harga rata-rata Rp 57.500 per kg menjadi Rp 50.000 per kg.

Masyarakat yang belanja di pasar tradisional yang ditemui wartawan Zona Utara mengatakan mudah mendapatkan jenis rica yang sering melonjak drastis tersebut.

Misalnya, Martinus Taumaloba, seorang warga yang belanja kebutuhan rumah tangga di Pasar Pinasungkulan Karombasan. Ia mengaku sebenarnya cemas karena lazimnya harga Bapokpan jelang perayaan hari Natal naik.

“Nyatanya, pasokan rica yang dijual pedagang melimpah. Harganya juga sangat terjangkau,” ujarnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.