Connect with us

Ekonomi dan Bisnis

Harga Tomat Apel di pasar tradisional kini melejit

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Harga Tomat Apel yang dijual pedagang di pasar tradisional di Kota Manado kini bergerak sentimentil.

Berdasarkan pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah (Disperindagda) Provinsi Sulawesi Utara di Pasar Pinasungkulan Karombasan dan Pasar Bersehati, Senin (10/12/2018), harga rata-rata Tomat Apel tersebut melejit dari posisi Rp 5.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 9.000 per kg.

Artinya, perubahan harga Bahan Pokok Pangan (Bapokpan) tersebut mencapai 12 persen dibanding hari sebelumnya.

Sementara harga jenis Bapokpan lainnya justru merosot turun. Misalnya, Cabe (Rica) Merah Keriting turun dari posisi rata-rata Rp 32.000 per kg menjadi Rp 30.000 per kg. Rica Rawit Merah dari harga rata-rata Rp 57.500 per kg menjadi Rp 50.000 per kg.

Masyarakat yang belanja di pasar tradisional yang ditemui wartawan Zona Utara mengatakan mudah mendapatkan jenis rica yang sering melonjak drastis tersebut.

Misalnya, Martinus Taumaloba, seorang warga yang belanja kebutuhan rumah tangga di Pasar Pinasungkulan Karombasan. Ia mengaku sebenarnya cemas karena lazimnya harga Bapokpan jelang perayaan hari Natal naik.

“Nyatanya, pasokan rica yang dijual pedagang melimpah. Harganya juga sangat terjangkau,” ujarnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Advertisement
3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: https://surfwearhawaii.com

  2. Pingback: crafts die

  3. Pingback: p901#blog o marketingu

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ekonomi dan Bisnis

Kembali dibuka pendaftaran Kartu Pra Kerja

Pedaftaran akan ditutup pada Kamis 23 April.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.COM – Setelah gelombang pertama selesai, Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang kedua. Para pendaftar sudah bisa mengakses link pendaftaran hari ini, Senin (20/4/2020).

Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan akan ditutup pada Kamis, 23 April, pukul 16.00 WIB.

“Gelombang kedua ini dibuka sejak Senin 20 April pukul 08.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April, pukul 16.00 WIB,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis.

Serupa dengan pada gelombang I, seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui laman https://www.prakerja.go.id/.

Pemerintah juga tidak mengubah persyaratan pendaftaran pada gelombang II kartu prakerja.

Persyaratan tersebut meliputi, calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Dalam hal ini, pemerintah akan melakukan verifikasi data calon peserta sebelum meloloskan ke tahapan berikutnya. Jika lolos verifikasi data, maka calon peserta akan mengikuti tahap berikutnya, yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar.

Bagi peserta yang berhasil melewati tes itu, maka dapat memilih pelatihan yang disediakan oleh delapan mitra platform digital.

Sebelumnya, pemerintah telah menyelesaikan pendaftaran gelombang I yang berlangsung sejak 11-16 April. Airlangga mengungkapkan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 5,96 juta orang.

Dari jumlah tersebut, peserta yang lolos verifikasi melalui e-mail sebanyak 4,42 juta orang. Kemudian, jumlah pendaftar yang sudah diverifikasi berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) sebanyak 3,29 juta.

Dari seluruh proses itu, pemerintah menetapkan jumlah peserta yang lolos untuk program kartu prakerja sejauh ini sebanyak 2,07 juta orang. Namun, baru 200 ribu peserta yang bisa masuk pelatihan gelombang I.

Peserta yang berhak mengikuti pelatihan gelombang I mendapatkan informasi melalui SMS. Pesan singkat dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan saat registrasi sejak Sabtu (18/4) hingga Senin (20/4).

Namun, 1,87 juta peserta lolos yang tak dinyatakan masuk dalam gelombang I tak perlu mendaftar ulang. Pemerintah akan mengirimkan link melalui e-mail untuk memilih pelatihan di gelombang 2,3, dan seterusnya sehingga tidak perlu mengikuti proses sejak awal.

| CNN Indonesia

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com