Umat berbondong-bondong ke gereja, Natal berjalan aman

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Umat bersalaman dengan anggota Banser Ansor usai Ibadah Natal di GMIBM Pusat Kotamobagu. (Foto: Supardi Bado)



MANADO, ZONAUTARA.com – Umat Kristiani yang merayakan Natal, Selasa, 25 Desember 2018 berbondong-bondong ke gereja. Beberapa gereja menggelar ibadah Natal sejak subuh.

Umat yang datang cukup banyak ini, membuat beberapa gereja harus menambah tenda dan tempat duduk, karena tidak bisa menampung umat yang beribadah.

Sejauh ini terpantau ibadah Natal berjalan dengan hikmat, lancar dan aman tanpa gangguan yang berarti.

Sementara umat menjalankan ibadah, aparat kepolisian yang dibantu berbagai unsur berjaga di luar gedung gereja.

Penjagaan juga melibatkan beberapa organisasi kemasyarakatan yang secara sukarela memberi diri ikut mengamakan ibadah Natal.

Senin (24/12) malam, Misa Natal di Gereja Katedral Manado berjalan aman dan himat. Aparat terlihat berjaga cukup ketat.

Kapolda sulut Irjen Pol Bambang Waskito bersama keluarga ikut dalam Misa di Gereja Katedral.

Sebelumnya pada Senin (23/12), Polda Sulut menggelar apel kesiapan penjagaan Natal dan Tahun Baru. Sebanyak 739 personil diturunkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Tugas kita yang utama adalah mencegah jangan sampai terjadi tindakan-tindakan kejahatan yang mengganggu ketertiban, jangan kita lemah menilai atau under estimate, menganggap ini hal yang biasa, jadikan ini sebagai pengamanan yang serius sehingga mereka yang akan melaksanakan ibadah bisa berjalan dengan aman, lancar dan tertib,” ujar Wakapolda Brigjen Pol Karyoto.

Di Talaud, polisi menerjunkan 430 personil yang akan mengamankan 533 gereja di kepulauan Talaud.

Sementara berbagai organisasi kemasyarakatan ambil bagian dalam menciptakan kondisi aman selama Natal. Banser Ansor Sulut membuka diri jika ada permintaan dari aparat.

“Sesuai prosedur, pasukan Banser dibawa koordinasi Polri dan TNI. Kami diposisi membantu tugas kepolisian,” ujar Ketua Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulawesi Utara, Yusra Alhabsyi.

Di Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow Pusat Kotamobagu, selain Banser Ansor, ikut membantu aparat dari Hindu Parisade Kotamobagu, Yamaha Nmax Club Indonesia Kotamobagu dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Dari rilis BMKG, diprediksi, cuaca di Manado berawan pada pagi hari, dan siang hari akan terjadi hujan lokal. Malam hari cenderung berawan tebal.

Dalam beberapa hari terakhir cuaca di Sulawesi Utara selalu hujan yang disertai dengan angin kencang. Tetapi pelayaran kapal yang menuju ke Nusa Utara masih berjalan hingga Senin malam.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
4 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com