Connect with us

ZONA DAERAH

JMS kembali bergulir, siswa SMP Woloan antusias

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Program penyuluhan dan penerangan hukum bertajuk Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kembali digulirkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon, Jumat (1/2/2019).

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Woloan pun menjadi lokasi pertama pelaksanaan JMS di tahun 2019 ini. Puluhan siswa-siswi di sekolah tersebut pun tampak antusias mengikuti penyuluhan hukum dari Tim Seksi Intelijen Kejari Tomohon, yang dikomandoi Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke H Rabeta.

Dalam kesempatan tersebut, Rabeta bersama jajaran, masing-masing Kepala Sub Seksi (Kasubsi) A Mariska Kandou, Kasubsi C Elson Butarbutar, serta staf Aslam dan Fardhyllah, membawakan materi, salah satunya terkait tugas pokok dan fungsi Kejaksaan, serta materi soal kenakalan remaja.

Tim Intelijen Kejari Tomohon dan jajaran Dikbud bersama para siswa SMP Woloan. (Foto: Istimewa)

Rabeta mengatakan, pelaksanaan JMS, seperti tahun-tahun sebelumnya, adalah untuk memberikan pemahaman hukum sejak dini kepada para siswa siswi, sehingga bisa mengenali apa itu hukum dan bisa menjauhi hukuman.

“Selain itu, JMS juga dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan jaksa kepada masyarakat, khususnya para siswa siswi,” ujarnya.

Menurut Wilke, selain pemaparan materi dari Tim Intelijen, pihaknya pun menggelar tanya jawab. Di mana, kata dia, para siswa banyak bertanya soal peran Jaksa dalam penegakan hukum dan Permasalah hukum yang terjadi di lingkungan mereka.

Dia menambahkan, program JMS di tahun 2019 rencananya akan dilaksanakan setiap bulan dengan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dikbud).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas (Kadis) Dikbud yang diwakili Sekretaris Dikbud Kota Tomohon Zetly Pontoan, Kepala Sekolah SMP Kristen Woloan Audy Kojongian serta para guru.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Kebudayaan aset penting dalam pembangunan daerah

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbuda) menggelar Seminar Peningkatan Kapasitas Budaya Daerah, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon, Jumat (19/7/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) H.V. Lolowang, hadir dalam seminar tersebut.

Dalam sambutannya, Lolowang mengatakan, masyarakat Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan kebudayaan.

Menurut Lolowang, kebudayaan harus dianggap sebagai aset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

“Masyarakat Tomohon hanya dapat menjadi masyarakat yang besar apabila mampu mewujudnyatakan kebudayaan ke dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebudayaan daerah menghadapi tantangan, yaitu ketika kekuatan budaya lokal, kearifan lokal, nilai-nilai tradisional dianggap tidak lagi relevan, hingga mulai diabaikan oleh pelaku budayanya.

“Diperlukan sebuah terobosan yang baru dari pelaku budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang ada agar tidak terbawa arus globalisasi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot Tomohon melalui Dikbuda Kota Tomohon bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan Seminar Nasional untuk membahas budaya lokal yang ada di Kota Tomohon sebagai upaya peningkatan kapasitas budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat.

“Pemkot Tomohon memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya yang telah memberikan kesempatan kepada Pemkot Tomohon dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah untuk melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Turut hadir juga pada kegiatan ini Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Madjmuddin Ramly, para tokoh-tokoh pemerhati budaya dan akademisi di Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com