Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Pemkot susunan rancangan awal perubahan RPJPD 2005-2020

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bakal melakukan perubahan terhadap Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025 Kota Tomohon yang telah ditetapkan sebelumnya.

Hal itu pun dilakukan untuk menyesuaikan dengan terjadinya perubahan struktur organisasi perangkat daerah sebagai impelentasi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan PP No 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah.

Terkait hal tersebut, Pemkot Tomohon melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar kegiatan penyusunan rancangan awal perubahan RPJPD Kota Tomohon 2005-2025 terhadap Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang RPJPD Tomohon 2005-2025, di Hotel Peninsula Manado 8 sampai 10 Februari 2019.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman diwakili Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan membuka kegiatan tersebut.

“Menyadari banyaknya pelimpahan urusan yang diberikan serta menyadari akan keterbatasannya, maka Pemerintah Kota Tomohon melakukan perubahan paradigma yang dikenal dengan paradigma baru dengan tetap mengikuti kaidah peraturan perundang-undnagan yang berlaku,” ujar Sompotan membacakan sambutan Eman.

Menurut dia, perubahan itu juga untuk mempertegas visi misi kepala daerah dalam wujud strategi pendekatan khususnya peningkatan dan mendorong sektor-sektor penunjang kemakmuran.

Dia menjelaskan, perubahan RPJPD Tahun 2005-2025 lanjut Eman, menjadi hal yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan visi Kota Tomohon dalam RPJPD. Untuk mencapai visi yang dimaksud sangat diharapkan setiap OPD dapat menerjemahkannya ke dalam program pembangunan pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) 2006-2025.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Ervinz DH Liuw dalam laporannya mengatakan, dalam perkembangan dinamika pembangunan telah banyak terjadi perubahan pada peraturan dan kebijakan yang kemudian menyebabkan RPJPD Tomohon ini perlu untuk direvisi atau disempurnakan.

“Hal ini dimungkinkan dan diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini Sekretaris Kota Tomohon Harold V Lolowang dan sebagai peserta seluruh Kepala OPD Pemerintah Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Eman: mari kita jaga suasana tetap kondusif

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comTahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Masyarakat pun diminta untuk menerima apapun yang dihasilkan oleh para penyelenggara Pemilu tersebut dan kembali menyatukan perbedaan yang ada.

Seperti yang diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Dia mengatakan, pesta demokrasi dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta para wakil rakyat dari pusat hingga daerah telah terlaksana dengan baik.

Menurut Eman, saat ini merupakan waktu untuk meninggalkan segala perbedaan yang tercipta dalam Pemilu lalu.

“Kami, pemerintah bersama Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Tomohon berharap, agar pasca-pesta demokrasi, suasana kondusif dapat terjaga,” ungkap Eman, di sela-sela Sosialisasi dan Dialog Sinergitas para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di aula Homestay Walian, Selasa (21/5/2019).

Eman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat berimplikasi hukum dan dapat menimbulkan keresahan, serta ketidaktentraman, hingga meruntuhkan semangat persatuan di Kota yang ditetapkan sebagai salah satu Kota Toleran di Indonesia ini.

“Mari sama-sama kita jaga kerukunan, kesatuan dan persatuan yang sudah lama tercipta di Kota yang kita cintai ini. Semoga Kota Tomohon dapat menjadi berkat di Sulawesi Utara ini,” harapnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending