bar-merah

Kurash Indonesia bidik dua emas di Sea Games 2019 Philipina

zonautara.com
Pertandingan Kurash dalam Asian Games 2018.(Foto: bola.com)

MANADO, ZONAUTARA.com –  Indonesia membidik dua medali emas pada cabang olahraga beladiri Kurash dalam helat Sea Games di Philipina, November 2019.

Menurut Ketua Harian Kurash Sulawesi Utara (Sulut) Micky Panaha, target emas tercetus saat pelaksanaan Rakornas Kurash Indonesia di Ciloto, Jawa Barat, penghujung Januari 2019, ketika dirinya hadir mewakili Kurash Sulut.

“Kurash itu mirip Judo karena mengutamakan teknik bantingan,” ujarnya.

zonautara.com
Micky Panaha (kiri) bersama Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin selaku Ketua Umum Kurash Indonesia.(Foto: koleksi Micky Panaha)

Dalam dunia pertandingan, kata Micky, sekalipun Kurash secara historis merupakan olahraga beladiri yang sudah eksis di Uzbekistan selama 3.500 tahun, namun baru saja masuk dalam event olahraga modern.

“Kurash baru saja dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Indonesia,” terang Micky yang diwawancarai wartawan Zona Utara di Kota Manado, Selasa (12/2/2019).

Lanjut dijelaskannya, secara filosofis, Kurash adalah kata Uzbek yang memiliki arti mencapai tujuan dengan hanya atau cara yang adil. Olahraga beladiri ini sebelumnya hanya digunakan sebagai seni bela diri dan hiburan fisik publik selama libur besar, berbagai pesta termasuk sering menjadi hiburan pada pesta pernikahan.

“Jangan heran kalau banyak sumber-sumber sejarah tradisional seperti Histories karya Herodotus dan Avicenna karya Ibnu Sina pernah menulis Kurash sebagai sebuah olahraga,” kata Micky.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com