Connect with us

ZONA DAERAH

Laporkan KPPS tidak netral

Published

on

Stenly Kowaas

TOMOHON, ZONAUTARA.comProses rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini sudah masuk dalam tahap uji publik.

Masyarakat di Kota Tomohon pun diminta untuk mencermati para calon anggota KPPS yang telah diverifikasi oleh KPU.

Pasalnya, KPPS memiliki peran yang sangat strategis pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“PPS di 44 kelurahan se-Kota Tomohon sudah menempel nama-nama calon anggota KPPS di kantor-kantor kelurahan. Saya mengajak semua elemen masyarakat untuk mengecek dan melaporkan, jika ada calon yang terindikasi pengurus parpol atau tidak memenuhi syarat lainnya,” ujar Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi SDM dan Sosialisasi Stenly Kowaas.

Menurut dia, KPU berkomitmen untuk menghadirkan penyelenggara Pemilu di tingkat KPPS yang profesional dan netral.

“Makanya kami sangat terbuka. Silahkan laporkan ke PPS atau KPU jika ada calon yang sekali lagi dianggap tidak memenuhi syarat untuk mengemban misi mulia itu,” kata Kowaas.

Laporan tersebut, kata Kowaas, bisa disampaikan oleh semua stakeholder secara tertulis.

“Jadi yang ingin menyampaikan masukan dan tanggapan, harus menyampaikam secara tertulis, dengan dilengkapi fotokopi KTP. KPU tidak bisa serta merta merespon informasi yang hanya jadi pembicaraan dari mulut ke mulut, tanpa ada laporan resmi,” jelasnya.

Pihaknya pun akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan klarifikasi kepada calon anggota KPPS bersangkutan.

“Jika terbukti, bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat untuk jadi KPPS, tanpa ada keraguan kami akan mencoret dan mencari pengganti,” tegasnya.

Kowaas mencontohkan, di Tomohon Barat, PPK mendapatkan surat dari Panwaslu Kecamatan, di mana ada sekira 21 calon anggota yang diduga merupakan anggota partai politik.

“Saat dilaporkan PPK Tomohon Barat terkait surat Panwascam itu, saya angsung saya minta untuk segera menindaklanjutinya. Harus cepat dan profesional dalam menanganinya,” tandas Kowaas.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com