Connect with us

ZONA DAERAH

Netralitas ASN dominasi laporan dugaan pelanggaran di Bawaslu

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencatat, masalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) mendominasi laporan dugaan pelanggaran pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Supriyadi Pangelu.

Dia mengatakan, dari semua laporan yang diterima pihaknya di seluruh Kabupaten/Kota di Sulut, masalah netralitas yang paling banyak ditemui.

“Tiap daerah itu sama kasusnya, yang paling banyak netralitas ASN. Di Manado sementara berproses. Di Talaud ada kurang lebih 10 (laporan),” ungkap Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum ini, saat diwawancarai di Grand Master Hotel Tomohon, Kamis (28/3/2019).

Menurut dia, laporan-laporan tersebut saat ini sementara diproses oleh Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota.

Disinggung soal sanksi bagi ASN yang terbukti tidak netral, Pangelu menjelaskan, pemberian sanksi bagi ASN yang terbukti tidak netral bukan merupakan kewenangan Bawaslu.

Di mana, kata dia, pihaknya hanya sebatas melakukan penanganan pelanggaran pemilu.

“Kewenangan yang diberikan kepada kami untuk melakukan pengawasan netralitas ASN, TNI dan Polri, sehingga kami merekomendasikan kepada Komisi ASN (KASN). Soal bobot dan beratnya sanksi itu kewenangan KASN,” jelasnya.

Dia pun mengajak stakeholder terkait untuk membantu Bawaslu melakukan pengawasan soal netralitas ASN.

“Ketika ada keterlibatan ASN secara sistematis yang kemudian terlibat mensosialisasikan peserta pemilu atau caleg, mohon untuk paling tidak didokumentasikan melalui foto atau video sebagai informasi awal untuk kami tindaklanjuti,” pungkasnya.

Dia pun berharap agar ASN di Sulut tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2019.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Tinjau Wawo, WL matangkan rencana pembangunan venue Paralayang

Published

on

Wenny Lumentut saat berada di puncak Wawo Tomohon. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comUntuk yang kesekian kalinya, legislator Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut melakukan kunjungan ke perkebunan Wawo di Kota Tomohon.

Teranyar, Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut ini mengunjungi lokasi tersebut, Selasa (2/6/2020).

Kunjungan Lumentut tersebut untuk mematangkan rencananya membangun venue olahraga Paralayang dan Paramotor.

“Lokasi ini (Wawo) memang layak untuk dibuat lokasi penerbangan Paralayang dan Paramotor,” ujar legislator daerah pemilihan Tomohon-Minahasa ini.

Menurut Lumentut, ada sejumlah spot yang telah dibidik untuk dijadikan lokasi lepas landas bagi para penerbang olahraga dirgantara tersebut.

“Tentunya semuanya akan direncanakan dan dibangun sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2014-2019 ini.

Lumentut menegaskan, panorama alam yang indah di sekitar bukit Wawo tersebut dipastikan akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung di lokasi tersebut.

“Nantinya, jika terbang dengan Paralayang, akan dilihat keindahan Danau Linouw, Danau Tondano, sejumlah gunung berapi dan tentunya landscape Kota Tomohon yang indah,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com