Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Netralitas ASN dominasi laporan dugaan pelanggaran di Bawaslu

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencatat, masalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) mendominasi laporan dugaan pelanggaran pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Supriyadi Pangelu.

Dia mengatakan, dari semua laporan yang diterima pihaknya di seluruh Kabupaten/Kota di Sulut, masalah netralitas yang paling banyak ditemui.

“Tiap daerah itu sama kasusnya, yang paling banyak netralitas ASN. Di Manado sementara berproses. Di Talaud ada kurang lebih 10 (laporan),” ungkap Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum ini, saat diwawancarai di Grand Master Hotel Tomohon, Kamis (28/3/2019).

Menurut dia, laporan-laporan tersebut saat ini sementara diproses oleh Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota.

Disinggung soal sanksi bagi ASN yang terbukti tidak netral, Pangelu menjelaskan, pemberian sanksi bagi ASN yang terbukti tidak netral bukan merupakan kewenangan Bawaslu.

Di mana, kata dia, pihaknya hanya sebatas melakukan penanganan pelanggaran pemilu.

“Kewenangan yang diberikan kepada kami untuk melakukan pengawasan netralitas ASN, TNI dan Polri, sehingga kami merekomendasikan kepada Komisi ASN (KASN). Soal bobot dan beratnya sanksi itu kewenangan KASN,” jelasnya.

Dia pun mengajak stakeholder terkait untuk membantu Bawaslu melakukan pengawasan soal netralitas ASN.

“Ketika ada keterlibatan ASN secara sistematis yang kemudian terlibat mensosialisasikan peserta pemilu atau caleg, mohon untuk paling tidak didokumentasikan melalui foto atau video sebagai informasi awal untuk kami tindaklanjuti,” pungkasnya.

Dia pun berharap agar ASN di Sulut tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2019.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Upacara Harkitnas Kantor SAR Manado berlangsung khidmat

Published

on

Upacara Harkitnas di kantor SAR Manado. (Foto: Humas SAR Manado)

MINUT, ZONAUTARA.comKantor Pencarian dan Pertolongan Manado atau SAR Manado menggelar upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di lapangan halaman kantor SAR Manado, Senin (20/5/2019).

Upacara yang dipimpin langsung Kepala Kantor SAR Manado Gede Darmada ini pun berlangsung khidmat dan aman.

Dalam kesempatan tersebut, Gede Darmada membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Jajaran kantor SAR Manado usai upacara Harkitnas. (Foto: Humas SAR Manado)

Dia mengatakan, peringatan Harkitnas yang ke-111 kali ini bertepatan dengan situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat.

“Walau pilihan berbeda-beda, namun semua pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan disematkan tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’, seluruh elemen bangsa harus bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam upacara tersebut Kepala Sub Bagian Umum Ludi Yanto, Kepala Seksi Operasi Jandry Paendong, Kepala Seksi Sumber Daya SAR Bayu Artiyoso Mandiri, serta seluruh pegawai, staf dan rescuer.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending