Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot fasilitasi kemudahan izin usaha IKM

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memastikan, Industri Kecil dan Menengah (IKM) akan mudah dalam mengurus izin usaha.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekot) Harold V Lolowang dalam kegiatan Kemudahan Izin Usaha IKM, yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), di Rogs Cafe & Resto Tomohon, Rabu (27/3/2019).

Lolowang mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan fasilitasi pengurusan izin usaha industri bagi IKM berupa IUI, SIUP, TDP, dan PIRT sesuai kebutuhan atau kewajiban masing-masing IKM.

Menurut dia, pihaknya mendirikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Wale Kabasaran sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, khususnya bagi IKM atau UMKM untuk mempermudah dalam pengurusan berbagai dokumen perizinan maupun non perizinan.

“Salah satu hal yg paling utama adalah masalah biaya dalam pengurusan dokumen perizinan di Mall Pelayanan Publik bersifat gratis alias bebas biaya bagi IKM atau UMKM yang mau mengurus SIUP, TDP, IUI dan dokumen perizinan lainnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, yang terpenting bagi IKM atau UMKM tidak hanya dipermudah perizinannya, tetapi akan diberi pendampingan dan pembinaan untuk peningkatan usahanya melalui (Disdagperin) Kota Tomohon.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini Cluster Manager PT. Bank Mandiri Manado Abdul Kadir Arisaid, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Tomohon Novi Politon dan dari unsur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Kota Tomohon.

Turut hadir Kepala Disdagperin Kota Tomohon Ruddie Lengkong dengan peserta dari pelaku IKM di bidang IKM Pangan, IKM Percetakan, IKM Kerajinan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Sulut

Ini daerah asal 16 kasus baru corona di Sulut pada 28 Mei

Terbanyak berasal dari Manado.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pixabay.com

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali menggelar jumpa pers guna mengumumkan perkembangan epidemiologi covid-19, Kamis (28/5/2020).

Pada jumpa pers tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel membenarkan ada penambahan 16 kasus baru positif corona.

“Jadi total kasus positif covid-19 di Sulut hingga hari ini sudah sebanyak 297 kasus,” kata Dandel.

Adapun 16 kasus baru positif corona yang diumumkan hari ini berasal dari Manado, Tomohon, Minahasa Utara dan Maluku Utara.

Kota Manado kini menjadi daerah terbanyak kasus positif corona di Sulut. Selain Manado, daerah lain yang juga terdapat banyak kasus positif adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Hari ini ODP tercatat ada 131 dan PDP ada sebanyak 165,” ujar Dandel.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com