Connect with us

ZONA DAERAH

KPU ubah jadwal PSU di Tomohon jadi 27 April

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon melakukan perubahan terhadap hari pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Sebelumnya, KPU Tomohon dalam rapat pleno memutuskan, bahwa PSU di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di dua kecamatan di Kota Tomohon dilaksanakan pada Kamis (25/4/2019).

Namun, rencana tersebut kemudian ditunda pelaksanaannya oleh KPU dan diputuskan akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019).

“KPU Kota Tomohon merubah jadwal pelaksanaan PSU, dari tanggal 25 April menjadi Sabtu 27 April 2019,” ungkap Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Teknis Robby Golioth.

Perubahan jadwal pelaksanaan PSU tersebut, kata Golioth, dimaksudkan agar PSU tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Selain itu, lanjut dia, dipindahkannya jadwal pelaksanaan PSU tersebut, dengan alasan hari Sabtu merupakan hari libur.

“Agar PSU boleh berjalan dengan lancar dan pada hari libur,” pungkasnya.

Diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon merekomendasikan PSU di sejumlah TPS di Kota Tomohon. TPS itu pun tersebar di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Tomohon Timur dan Kecamatan Tomohon Barat.

Di Kecamatan Tomohon Timur, dua TPS tersebut, yakni TPS 4 Kelurahan Paslaten Dua dan TPS 5 Kelurahan Rurukan. Sementara, di Kecamatan Tomohon Barat, masing-masing TPS Kelurahan Taratara Tiga, serta TPS 7 Kelurahan Woloan Dua.

Namun begitu, tidak seluruhnya TPS tersebut akan melakukan PSU dengan lima surat suara. Di mana, untuk TPS  4 Kelurahan Paslaten Dua dan TPS 5 Kelurahan Taratara Tiga akan melakukan PSU dengan lima surat suara, yakni Presiden dan Wakil Presiden, DRP RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Sementara untuk dua TPS lainnya, yakni TPS 5 Rurukan dan TPS 7 Woloan Dua hanya PSU dengan surat suara Presiden dan Wakil Presiden

PSU di empat TPS yang ada di Kecamatan Tomohon Barat dan Kecamatan Tomohon Timur itu pun disebabkan oleh sejumlah alasan, yakni pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang menggunakan hak pilih dan kelalaian dalam prosedur yang mengakibatkan surat suara tidak sah.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Penegak Perda, Satpol PP Tomohon tingkatkan kapasitas personel

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comSatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon menggelar Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan, Rabu (17/7/2019).

Pelatihan yang dilaksanakan di GOR Babe Palar Tomohon ini pun merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas para personel Satpol PP.

Kepala Satpol PP Kota Tomohon Syske Wongkar menjelaskan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat di Kota Tomohon, sehingga dapat terwujudnya roda pemerintahan dan perekonomian yang lancar.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kapasitas anggota Satuan Pol PP yang merupakan ujung tombak penegak Peraturan Daerah (Perda) Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan tersebut pun dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Asisten Kesra O D S Mandagi.

Dalam sambutannya, Mandagi mengatakan, Satpol PP sebagai aparat penegak perda serta ketentraman dan ketertiban umum memiliki peranan yang strategis dalam mengendalikan situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat serta perlindungan masyarakat bersama dengan unsur terkait.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh anggota Satpol PP di Kota Tomohon dapat memahami tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada, sehingga mampu berperan lebih baik lagi dalam proses pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kota Tomohon,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber unsur TNI Kepala Staf Kodim1302/Minahasa Mayor Inf Feky Welang, unsur Polres Tomohon, serta unsur Satpol PP.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com