Connect with us

ZONA DAERAH

KPU ubah jadwal PSU di Tomohon jadi 27 April

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon melakukan perubahan terhadap hari pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Sebelumnya, KPU Tomohon dalam rapat pleno memutuskan, bahwa PSU di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di dua kecamatan di Kota Tomohon dilaksanakan pada Kamis (25/4/2019).

Namun, rencana tersebut kemudian ditunda pelaksanaannya oleh KPU dan diputuskan akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019).

“KPU Kota Tomohon merubah jadwal pelaksanaan PSU, dari tanggal 25 April menjadi Sabtu 27 April 2019,” ungkap Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Teknis Robby Golioth.

Perubahan jadwal pelaksanaan PSU tersebut, kata Golioth, dimaksudkan agar PSU tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Selain itu, lanjut dia, dipindahkannya jadwal pelaksanaan PSU tersebut, dengan alasan hari Sabtu merupakan hari libur.

“Agar PSU boleh berjalan dengan lancar dan pada hari libur,” pungkasnya.

Diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon merekomendasikan PSU di sejumlah TPS di Kota Tomohon. TPS itu pun tersebar di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Tomohon Timur dan Kecamatan Tomohon Barat.

Di Kecamatan Tomohon Timur, dua TPS tersebut, yakni TPS 4 Kelurahan Paslaten Dua dan TPS 5 Kelurahan Rurukan. Sementara, di Kecamatan Tomohon Barat, masing-masing TPS Kelurahan Taratara Tiga, serta TPS 7 Kelurahan Woloan Dua.

Namun begitu, tidak seluruhnya TPS tersebut akan melakukan PSU dengan lima surat suara. Di mana, untuk TPS  4 Kelurahan Paslaten Dua dan TPS 5 Kelurahan Taratara Tiga akan melakukan PSU dengan lima surat suara, yakni Presiden dan Wakil Presiden, DRP RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Sementara untuk dua TPS lainnya, yakni TPS 5 Rurukan dan TPS 7 Woloan Dua hanya PSU dengan surat suara Presiden dan Wakil Presiden

PSU di empat TPS yang ada di Kecamatan Tomohon Barat dan Kecamatan Tomohon Timur itu pun disebabkan oleh sejumlah alasan, yakni pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang menggunakan hak pilih dan kelalaian dalam prosedur yang mengakibatkan surat suara tidak sah.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Masyarakat diajak menghemat dan jaga sumber air

Jajaran PDAM diajak meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Masyarakat bersama instansi-instansi terkait diminta untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup, termasuk sumber-sumber air.

Terutama, di musim kemarau yang saat ini masih melanda berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Kota Tomohon.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang, pada kegiatan Workshop Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM Kota Tomohon yang bekerja sama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PUPR RI, yang digelar di Grand Master Resort Tomohon, Selasa (17/09/2019).

“Unsur terkait bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup. Di dalamnya sumber-sumber air,” ujar Lolowang.

Selain itu, Lolowang mengimbau masyarakat untuk menghemat pengunaan air.

Dia pun mengajak jajaran PDAM untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

“Demikian juga meningkatkan manajemen pengelolaan perusahaan, serta yang penting juga dalam hal membangun integritas,” pungkas Lolowang.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Teknis BPPSPAM Kementerian PUPR Desrah Sibarani.

Turut hadir Asisten Perekonomian Djoike Karouw, Kadis Lingkungan Hidup Novi Politon, Direktur PDAM Kota Tomohon Semuel M Gosal, Konsultan Dadang Heru, unsur Balai Wilayah Sungai Sulawesi Satu Janeny Mamoto, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Reynaldo Poli, serta unsur terkait lainnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com