Connect with us

ZONAPEDIA

Mengapa orang dengan golongan darah 0 begitu istimewa?

Orang dengan golongan darah O memiliki kualitas luar biasa, seperti energi dan kemampuan untuk tetap fokus.

Published

on

Foto: pexels.com/Amornthep Srina

Orang dengan golongan darah O memainkan peran penting dalam masyarakat mana pun. Dari zaman kuno hingga hari ini. Golongan darah 0 adalah golongan darah purba nenek moyang kita yang licik, predator serta agresif.

Sering diyakini bahwa keunikan mereka berasal dari kenyataan bahwa nenek moyang kita adalah pemburu yang harus mengamati dan secara akurat mengevaluasi lingkungan untuk dapat bertahan hidup.

Orang dengan golongan darah O memiliki kualitas luar biasa, seperti energi dan kemampuan untuk tetap fokus, kekuatan, karakter yang dibutuhkan untuk kepemimpinan, produktivitas, dan proaktif.

Warisan genetik mereka menawarkan mereka kesempatan untuk menjadi kuat, produktif, memiliki umur panjang dan optimis.

Orang Jepang mengasosiasikan golongan darah ini dengan tipe kepribadian tertentu. Orang dengan golongan darah O paling sering digambarkan sebagai orang yang berkomitmen, terorganisir, fokus, bertanggung jawab, teliti, dan praktis. Mereka diyakini sebagai ahli logika yang lebih baik dan mampu berorientasi lebih baik.

Namun demikian, kebiasaan yang tidak sehat atau peningkatan stres, pola makan yang buruk, kurang olahraga, membuat mereka lebih sensitif terhadap efek metabolisme yang merugikan, termasuk resistensi insulin, rendahnya aktivitas kelenjar tiroid dan obesitas.

Jika sedang stres, mereka mungkin menjadi marah, hiperaktif, dan impulsif. Stres dapat disebabkan oleh kemarahan dan hiperaktif yang berlebihan.

Orang dengan golongan darah O cenderung mengalami penyakit tertentu, seperti bisul dan disfungsi tiroid. Mereka memiliki kadar asam lambung yang lebih tinggi daripada golongan darah lainnya, sering mengakibatkan iritasi lambung dan bisul perut.

Juga, anggota kelompok darah O sering memiliki kadar hormon tiroid yang rendah dan yodium yang tidak memadai, suatu unsur kimia yang tujuan utamanya adalah untuk mengatur hormon tiroid. Ini menyebabkan banyak efek samping seperti obesitas, retensi cairan dan kelelahan.

Disarikan dari artikel: Why are people with blood type O so special?

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Menyaksikan Batavia, kota tersohor di Asia Tenggara kala itu lewat Virtual Reality

Merasakan sensasi terbang bersama seekor burung mendatangi kota penting dalam sejarah Nusantara.

Published

on

Rekonstruksi visual Batavia. (@wfm.nl / Rob Tuytel)

ZONAUTARA.com – Museum Westfries di Kota Hoorn, Belanda baru saja membuka pameran untuk memperingati 400 tahun sejak Batavia didirikan. Pameran itu berlangsung pada 30 Mei hingga 5 Januari 2020.

Diberi tajuk “Batavia 1627 VR”, para pekerja multimedia dalam pameran itu berhasil menghidupkan Kota Batavia dalam visualisasi virtual reality.

Pengunjung bisa merasakan sensasi terbang bersama seekor burung dan mendatangi Batavia, kota tersohor dan penting di Asia Tenggara pada masa itu.

Batavia menjadi kota penting dalam perjalanan sejarah Nusantara. Sewaktu Jan Pieterszoon Coen ditunjuk memegang jabatan Gubernur Jenderal VOC pada pertengahan tahun 1618, dia langsung mempersiapkan diri menguasai Jayakarta.

Jayakarta adalah salah satu bandar dagang paling sibuk di Kepulauan Nusantara kala itu. Coen melihat peluang Jayakarta bisa menjadi kota pesisir yang ramai karena lokasinya yang strategis.

Coen ingin memindahkan pusat kegiatan VOC ke Jayakarta yang sebelumnya bernama Sunda Kelapa dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Pajajaran. Ini adalah kerajaan Sunda yang berpusat di Bogor dan eksis hingga tahun 1579.

Pada 30 Mei 1619, Coen berhasil mewujudkan keiginannya. Dengan mengerahkan ribuan pasukan VOC, kota pelabuhan milik Kesultanan Banten itu berhasil direbut. VOC menguasai Jayakarta.

Coen kemudian mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia, dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan VOC di Nusantara. Pengukuhan nama Batavia berlangsung pada 4 Maret 1621, sekaligus membentuk pemerintahannya.

Dari Batavia inilah kemudian VOC dan Belanda mengendalikan Nusantara hingga berabad-abad sesudahnya. Kota ini kemudian memberi pengaruh penting di kawasan Asia Tenggara.

Banyak rekonstruksi kondisi Batavia kala itu melalui foto dan grafis. Namun “Batavia 1627 VR” dalam pameran yang digelar di kota kelahiran Coen itu, mampu membawa kita menikmati kondisi Batavia saat itu dalam tampilan 3D.

Cuplikan videonya dapat dilihat disini:

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com