Connect with us

ZONA DAERAH

Penetapan calon DPRD terpilih tunggu info resmi MK

Published

on

Stenly Kowaas

TOMOHON, ZONAUTARA.com Hasil dari pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon telah diketahui.

Namun, masyarakat Kota Tomohon harus bersabar menanti keputusan final Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon mengenai penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kota Tomohon.

Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Sosialisasi Stenly Kowaas mengatakan, waktu penetapan perolehan kursi dan calon terpilih akan menunggu info resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Teknisnya, MK akan menerima dulu semua gugatan dari peserta Pemilu. Tapi apakah gugatan itu akan lanjut diproses persidangan, itu tergantung apakah gugatan itu dicantumkan dalam BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi),” ujar Kowaas, Minggu (26/5/2019).

Menurut Kowaas, gugatan yang masuk dalam BRPK MK, nanti diketahui pada 1 Juli 2019.

“Mahkamah Konstitusi nanti akan menyampaikan surat pemberitahuan ke KPU RI mengenai daftar daerah yang ada perselisihan hasil Pemilu,” katanya.

Misalnya, lanjut Kowaas, KPU Tomohon tidak ada gugatan atau perselisihan hasil Pemilu di MK, maka sesuai Peraturan KPU
(PKPU) Nomor 10 Tahun 2019 tentang jadwal dan tahapan Pemilu, KPU Tomohon akan melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, paling lama 3 hari setelah informasi resmi MK tersebut.

“Jadi konkritnya, soal kapan KPU Tomohon melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, akan jelas setelah 1 Juli nanti,” ungkapnya.

Namun, jika Kota Tomohon ada gugatan atau perselisihan hasil Pemilu yang masuk BRPK, proses penetapan perolehan kursi dan calon terpilih akan menunggu putusan resmi MK.

“Karena tentu akan ada proses-proses persidangan yang harus diikuti,” jelasnya.

Kowaas menambahkan, pekan depan, KPU Kabupaten/Kota se-Sulut akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) soal tatacara penetapan perolehan kursi dan calon terpilih yang dilaksanakan KPU Provinsi.

“Bimtek ini bertujuan untuk membekali KPU kabupaten/kota dalam melakukan proses penetapan perolehan kursi dan calon terpilih nanti,” pungkas Jurnalis senior di Sulut ini.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Peduli korban kebakaran, Polres salurkan bantuan di Panti Asuhan Nazareth

Bantuan bertujuan meringankan beban anak-anak penghuni panti.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kepolisian Resor (Polres) Tomohon menunjukkan kepedulian terhadap bencana kebakaran yang terjadi di Panti Asuhan Nazareth Matani.

Dipimpin langsung Kapolres AKBP Raswin Bachtiar Sirait dan didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Juliana Sirait dan jajaran pejabat, Polres Tomohon menyalurkan bantuan kepada pihak pengelola panti, Rabu (18/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Kapolres berharap, pihak pengelola dan anak-anak panti agar tidak menilai jumlah bantuan yang diberikan.

“Tapi nilailah hal ini sebagai wujud rasa peduli kita bersama, khususnya keluarga besar Polres Tomohon, serta Bhayangkari Cabang Polres Tomohon dan tentunya ke depan kita harapkan bantuan ini dapat kita tingkatkan daripada sekarang ini,” ujar  Sirait.

Kapolres juga berharap, agar bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban korban kebakaran, terutama anak-anak penghuni panti tersebut.

“Sehingga, mereka bisa sedikit melupakan kejadian yang menimpa mereka dan kemalangan yang terjadi kepada mereka,” pungkasnya.

Hadir dalam anjangsana tersebut pejabat teras Polres Tomohon, yakni Kabag Ops AKP Steven JR Simbar, Kabag Sumda Kompol Agnes Timbuleng, serta para Kasatfung dan Kapolsek jajaran Polres Tomohon.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Panti Asuhan Nazareth Matani terbakar pada Kamis (12/9/2019). Kebakaran itu menyebabkan satu penghuni terluka.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com