Connect with us

ZONA DAERAH

Tingkatkan pelayanan, Dukcapil Tomohon Go Digital

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Satu lagi terobosan yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Yakni, aplikasi berbasis android bertajuk Dukcapil Tomohon Go Digital.

Aplikasi tersebut diluncurkan langsung oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, yang digelar di lantai tiga Wale Kabasaran, Selasa (28/5/2019).

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, pada prinsipnya, pemerintah daerah sangat apresiatif dalam memberi perhatian terhadap penyelenggaraan, penerbitan dan pemanfaatan data kependudukan, dalam rangka menjamin hak-hak sipil dan keabsahan pribadi setiap warga negara.

Menurut Eman, semua elemen masyarakat wajib mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA), sebagaimana telah dicanangkan oleh pemerintah, yakni sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan dan sadar melayani demi membahagiakan rakyat.

“Dukcapil Tomohon Go Digital ini akan melayani, antara lain Penetapan TTE atau Tanda Tangan Elektronik, layanan online Akta Kelahiran,” ujar Eman.

Selain itu, kata Eman, adapula aplikasi e-Dukcapil Tomohon, Digital Publik Informasi dan Penetapan TRC-Pelangi atau Tim Reaksi Cepat Pelayanan Langsung Jadi.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Tomohon Albert J Tulus mengatakan, komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon adalah untuk melayani masyarakat dengan lebih baik. Sehingga, kata dia, diluncurkan Dukcapil Tomohon Go Digital tahun 2019 tersebut.

“Masyarakat Kota Tomohon di mana saja, kapan saja, bisa cek data pribadinya, bisa cek dokumen apa yang sudah diproses, apakah sudah selesai atau belum, bisa melihat persyaratan pengurusan dokumen dan tidak perlu buang waktu datang bertanya tentang persyaratan di kantor Dukcapil,” jelasnya.

Masyarakat pun, lanjut Tulus, dapat mendownload formulir Dukcapil untuk bisa diprint sendiri di rumah dan bisa juga memanfaatkan TRC-Pelangi Dukcapil.

“Selanjutnya masarakat bisa mengirim pesan untuk bertanya tentang pelayanan Dukcapil atau meminta pelayanan perekaman KTP Elektronik di rumah, terutama bagi penduduk yang berkebutuhan khusus atau lansia dan yang sakit, maka Dukcapil akan memberi informasi atas keperluan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, dalam Digital Publik Informasi dan Antrean Digital, akan tersedia slide show foto kegiatan, ketentuan dan peraturan, tata cara daftar kependudukan dan catatan sipil, data statistik kependudukan, polling layanan kepuasan publik, tampilan video, tampilan pesan dan tersedia juga kotak saran dan informasi dalam bentuk running teks dan lain-lain, yang ditempatkan di ruangan tunggu pelayanan Dukcapil Kota Tomohon.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Dukcapil dan KB Sulut Wendy Karwur, mewakili Dirjen Dukcapil Adjrun Rahmad, mewakili Kejari Tomohon Kasubsi A Seksi Intelejen Negeri Tomohon Mariska J S Kandouw, Asisten Kesra Tomohon O D S Mandagi, Asisten Perekonomian Tomohon Djoike Karouw, serta jajaran Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

KABAR SULUT

Wenny Lumentut fasilitasi penyelesaian masalah BPJS Kesehatan di Tomohon

Published

on

Lumentut bersama Direksi Rumah Sakit Gunung Maria. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemutusan kontrak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon terus dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Menyikapi persoalan tersebut, legislator Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut pun ternyata telah menempuh sejumlah langkah.

Di antaranya, memanggil pihak manajemen Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon dan juga pihak BPJS Kesehatan.

“Ya, saya sudah memanggil direksi Rumah Sakit Gunung Maria dan juga BPJS Kesehatan untuk dicari akar masalahnya,” ujar Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut ini, Jumat (10/1/2020).

Menurut Wenny, hal tersebut pun sudah dilaporkan kepada Gubernur.

“Pak Gubernur sudah berjanji akan menyelesaikan persoalan ini dan kami pastikan dalam waktu dekat sudah akan selesai,” tegas legislator daerah pemilihan (Dapil) Minahasa-Tomohon ini.

Di samping itu, legislator dua periode ini pun mendesak pihak Dinas Kesehatan setempat untuk pro aktif membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com