bar-merah

Pemuda Tomohon bahas isu keberagaman di Forum Diskusi Plural(is)me

TOMOHON, ZONAUTARA.comUsaha untuk menyebarkan virus kerukunan terus dilakukan Forum Pemuda Lintas Agama (Pelita) Kota Tomohon. Salah satunya melalui bertajuk ‘Forum Diskusi Plural(is)me.

Puluhan pemuda lintas iman, mulai dari Orang Muda Katolik (OMK), Pemuda GMIM, Pemuda Masjid dan Pemuda Budha pun hadir dan berbaur dalam forum yang dilaksanakan di aula pastoran Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon, Sabtu (20/7/2019) ini. Isu keberagaman pun menjadi topik utama dalam forum ini.

Ketua Forum Pelita Kota Tomohon Toar Pangkey mengatakan, Forum Diskusi Plural(is)me ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada para pemuda terkait pluralisme.

“Dalam Forum Diskusi ini, kami menghadirkan para pemuka-pemuka agama untuk menjelaskan, apa itu keberagaman dan apa itu kerukunan dari perspektif agama masing-masing,” ungkap Ketua Pemuda Sinode GMIM periode 2014-2018 ini.

Menurut dia, selain memberikan pemahaman soal keberagaman, forum diskusi ini dimaksudkan untuk lebih mengintensifkan dialog, sehingga bisa tercipta suasana keakraban dan kekeluargaan antarpemuda lintas iman yang ada di Kota Tomohon.

Dia menjelaskan, para peserta dalam forum diskusi ini merupakan pimpinan-pimpinan pemuda se-Kota Tomohon. Forum diskusi ini pun, lanjut Toar, akan kembali dilaksanakan dalam beberapa waktu ke depan dengan metode berbeda.

“Intinya, kami akan terus menularkan semangat kerukunan kepada para pemuda-pemuda yang ada di Kota Tomohon, agar keharmonisan dan toleransi yang sudah terbangun di Kota Tomohon bisa terus terjaga,” pungkasnya.

Diketahui, dalam Forum Diskusi Plural(is)me tersebut, hadir sejumlah pemateri, yakni tokoh agama Islam Zamroni Khan yang juga anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon, serta Pendeta Gina Budiman M.Th.

Keduanya pun memaparkan soal keberagaman dan kerukunan dari perspektif agama masing-masing.

Antusiame pun tampak dari para peserta. Hal tersebut pun jelas terlihat dari keinginan para peserta agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Serta, keinginan agar Forum Pemuda Lintas Agama dapat terus melebarkan sayap dan menyentuh hingga ke tingkat kelurahan di Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com