Connect with us

ZONA DAERAH

Tomohon kembali raih penghargaan KLA

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kota Tomohon kembali mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat. Kali ini, melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang kembali mengakui bahwa Kota Tomohon layak bagi para anak-anak, melalui penghargaan Kota Layak Anak (KLA).

Penghargaan tersebut pun diberikan pada malam penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 di hotel Four Points Makassar, Selasa (23/7/2019).

Diketahui, penghargaan ini diberikan guna mendorong Pemerintah Daerah Tingkat II untuk memenuhi kebutuhan anak Indonesia. Target KPPPA adalah Indonesia idola anak 2030.

Malam penghargaan KLA itu pun dibuka dengan tarian adat khas Sulawesi Selatan. Sebanyak 20 penari siswi SMP disambut sorak tepuk tangan.

Ketua Tim Evaluasi Penghargaan KLA 2019 sekaligus Deputi IV Tumbuh Kembang Anak Lenny Rosalin saat memberikan sambutan menyampaikan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak dalam membantu mencapai tujuan Indonesia Layak Anak 2030.

“Pemberian KLA diberikan dengan penilaian komprehensif dibantu oleh tim independen. Penilaian dilakukan dengan mengedepankan revolusi industri 4.0, penilaian menggunakan website,” ujarnya.

Menteri Yohana Yembise dalam sambutannya pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang menjadi perintis KLA ketika masih menjadi Wali Kota Solo.

Menurut dia, Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 Pasal 21 ayat 4 dan 5 mendorong Pemerintah Daerah bertanggung jawab mendukung Pemerintah Pusat dalam perlindungan terhadap anak.

Sebelum menutup sambutannya, Menteri yang akrab disapa Mama Yo ini pun mengajak hadirin memberikan apresiasi kepada Ananda Rosalinda dari NTT yang komik karyanya dihargai di New York dan 100 negara.

Diketahui, Kota Tomohon merupakan satu-satunya kota di Provinsi Sulut yangmeraih penghargaan KLA tingkat pratama. Sementara, untuk kategori SMP se-Indonesia, Kota Tomohon, yakni SMPN 1 Kota Tomohon yang menjadi salah satu dari lima Sekolah Ramah Anak terbaik.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang menerima langsung penghargaan itu mengaku bersyukur Kota Tomohon bisa kembali dinobatkan sebagai Kota Layak Anak.

“Perlindungan terhadap anak wajib dilakukan oleh semua pihak. Kami akan terus berupaya agar anak-anak, khususnya yang ada di Kota Tomohon bisa merasa aman dan nyaman dalam menjalani masa tumbuh kembang mereka,” pungkas Eman yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tomohon dr Olga Karinda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Julian Dolvien Karwur, serta Kepala SMP Negeri 1 Tomohon Jantje Mangore.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Peduli korban kebakaran, Polres salurkan bantuan di Panti Asuhan Nazareth

Bantuan bertujuan meringankan beban anak-anak penghuni panti.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kepolisian Resor (Polres) Tomohon menunjukkan kepedulian terhadap bencana kebakaran yang terjadi di Panti Asuhan Nazareth Matani.

Dipimpin langsung Kapolres AKBP Raswin Bachtiar Sirait dan didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Juliana Sirait dan jajaran pejabat, Polres Tomohon menyalurkan bantuan kepada pihak pengelola panti, Rabu (18/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Kapolres berharap, pihak pengelola dan anak-anak panti agar tidak menilai jumlah bantuan yang diberikan.

“Tapi nilailah hal ini sebagai wujud rasa peduli kita bersama, khususnya keluarga besar Polres Tomohon, serta Bhayangkari Cabang Polres Tomohon dan tentunya ke depan kita harapkan bantuan ini dapat kita tingkatkan daripada sekarang ini,” ujar  Sirait.

Kapolres juga berharap, agar bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban korban kebakaran, terutama anak-anak penghuni panti tersebut.

“Sehingga, mereka bisa sedikit melupakan kejadian yang menimpa mereka dan kemalangan yang terjadi kepada mereka,” pungkasnya.

Hadir dalam anjangsana tersebut pejabat teras Polres Tomohon, yakni Kabag Ops AKP Steven JR Simbar, Kabag Sumda Kompol Agnes Timbuleng, serta para Kasatfung dan Kapolsek jajaran Polres Tomohon.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Panti Asuhan Nazareth Matani terbakar pada Kamis (12/9/2019). Kebakaran itu menyebabkan satu penghuni terluka.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com