bar-merah

Stok bunga dipastikan aman dan tak over produksi

TOMOHON, ZONAUTARA.com Bunga menjadi salah satu item utama dalam pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019. Utamanya, dalam pelaksanaan iven Tournament of Flower (ToF) dengan parade kendaraan hias bunga atau float.

Dipastikan, akan ada sebanyak 32 float yang ditampilkan dalam parade yang akan menggunakan sebagian ruas jalan utama Kota Tomohon ini. Bunga khas Tomohon, yakni Krisan pun menjadi ‘pemeran’ utama dalam ToF ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu memastikan, stok bunga yang akan digunakan dalam ToF kali ini aman dan mencukupi.

 “Kondisi saat ini setelah dihitung, Krisan cukup dan memadai,” ujar Waworuntu, Senin (5/8/2019).

Waworuntu mengatakan, perhitungan awal bunga yang disediakan oleh kelompok tani sebanyak 250 ribu sampai 300 ribu tangkai bunga.

“Namun setelah dilakukan pengecekan, bunga yang layak digunakan hanya 200 ribu tangkai yang artinya bisa memenuhi kebutuhan sekitar 180 ribu tangkai,” ungkap mantan Kepala Dinas Perhubungan ini.

Dia memastikan, bunga yang akan digunakan selama perhelatan TIFF 2019 ini merupakan bunga hasil dari para petani-petani yang ada di Kota Tomohon dan tidak diambil dari daerah lain.

Di mana, kata Waworuntu, bunga-bunga tersebut seluruhnya merupakan hasil dari para kelompok-kelompok tani yang ada di Kota Tomohon.

“Dapat dipastikan, bunga yang akan digunakan adalah asli dari Tomohon,” tegasnya.

Dia menjelaskan, jumlah bunga yang ada dan diproduksi oleh para petani saat ini pun tidak akan mengalami over produksi.

 “Yang pasti tidak akan menimbulkan kerugian bagi para petani,” jelasnya.

Terkait bunga-bunga yang akan digunakan di float, lanjut dia, pihaknya saat ini sudah sementara melakukan distribusi kepada para dekorator yang sementara membangun float di hanggar yang terletak di kompleks perkantoran Pemkot Tomohon, di wilayah Kecamatan Tomohon Barat.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com