KIBF 2019 pengaruhi pertumbuhan ekonomi dan investasi

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



TOMOHON, ZONAUTARA.comKawanua International Bussines Forum (KIBF) yang merupakan salah satu side event dalam perhelatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) ke-9 tahun 2019 sukses digelar.

Iven yang dipelopori Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) bersama Pemerintah Kota Tomohon, Institut Bisnis dan Multimedia Asmi, serta Koperasi Pakasa’an Matu’ari Tombulu ini pun mengambil tema “North Sulawesi as the Gateway to Asia Pasific” (Provinsi Sulawesi Utara sebagai Gerbang ke Asia Pasifik) dengan sub tema “Trade, Tourism, and lnvestment in Digital Economy Era”(Perdagangan, Kepariwisataan, Investasi di Era Digital Ekonomi).

KIBF yang merupakan Forum Bisnis Internasional perdana yang dihelat di Kota Sejuk Tomohon menghadirkan berbagai pembicara dari dalam dan luar negeri.

Dari Kota Tomohon Ervinz DH Liuw selaku Kepala Dinas Penanam Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu, yang membawa tentang materi peluang dan potensi investasi di Kota Tomohon.

Peserta terdiri dari Para Duta Besar negara sahabat, pengusaha, pimpinan perusahaan nasional, internasional dan akademisi.

Materi dan diskusi membahas terkait investasi, pariwisata dan perdagangan dalam rangka mempromosikan dan memaksimalkan potensi yang ada di Sulut.

Forum ini dengan sesi pertama mengungkapkan tema investasi potensial di Sulut dengan moderator oleh Audrey Tangkudung selaku Ketua lluni PPS U1 dan menghadirkan pembicara Ben Giles selaku Quensland Trade and Investment Commissioner Indonesia).

Kemudian, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tomohon Ervinz D H Liuw, serta Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat.

Sesi kedua dengan tema Sulut sebagai gerbang Asia Pasifik dimoderatori Jerry M Logahan selaku Dekan FE IBM Asmi, dengan pembicara Marlin Siahaan selaku Country Manager Waze Google Indonesia, Ahmad Faizal Suralaga selaku Deputy Director for Infrastructure Promotion BKPM, Chris Kanter dari kalangan pengusaha dan diakhiri dengan Gala Dinner bersama para Duta Besar dan undangan VIP.

“Forum bisnis ini merupakan salah satu respon dari kunjungan kerja Presiden ke Sulawesi Utara yang menjadikan sektor pariwisata sebagai primadona baru bagi pembangunan nasional, dengan signifikannya sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja,” ujar Ketua Panitia TIFF ke-9 Angelica Tengker.

Sementara itu, Ketua Panitia KIBF yang juga Rektor IBM ASMI Freddy Rumambi mengatakan, selain dalam rangka mendukung promosi berbagai potensi di Sulut, termasuk di Tomohon, KIBF ini juga merupakan wadah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan juga investasi bagi sektor pariwisata dan perdagangan.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
3 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com