Connect with us

KABAR SULUT

Wagub: Kepala SKPD wajib hadir di pembahasan RAPBD-P 2019

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Setelah Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) ditetapkan, Gubernur melalui Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw, menyampaikan Rancangan APBD Perubahan 2019 ke DPRD Sulut, Selasa (13/8/2019).

Pada penjelasannya, Wagub mengatakan, perubahan APBD 2019 dilakukan karena adanya perubahan asumsi kebijakan umum anggaran, pergeseran anggaran, dan sisa lebih pakai anggaran (Silpa).

“Diharapkan perubahan ini bisa memperkuat struktur anggaran dan pada APBD induk 2019 mencapai Rp4,98 triliun lebih, bertambah di APBD-P menjadi Rp4.110.000.000.000 atau naik sekitar 0,29 persen. Sedangkan pendapatan asli daerah di APBD 2019 mencapai Rp1.269.000.000.000 atau bertambah Rp7,9 miliar,” terang Kandouw.

Usai fraksi-fraksi menyampaikan pemandangan umum atas apa yang disampaikan Wagub, mantan Ketua DPRD Sulut itu mengingatkan seluruh kepala SKPD wajib hadir dalam pembahasan di DPRD.

“Wajib hadir. Tidak ada alasan. Saya tidak akan tanda tangan jika ada usulan perjalanan dinas. Harus hadir pembahasan,” tegas Kandouw.

Sementara, Ketua DPRD Andrei Angouw mengatakan, bahwa DPRD siap melanjutkan ke tahapan pembahasan di tingkat komisi.

Dan sesuai dengan undangan yang beredar, Rabu (14/8/2019) hari ini akan digelar rapat pembahasan Badan Anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, terkait APBD-P 2019.

“Apa yang akan dibahas nanti setiap sen-nya bermanfaat untuk rakyat dan daerah,” kata Angouw. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Bolmong Raya

Bolmut terbaik pertama di Sulut, inovasi cegah putus pakai kontrasepsi pada masa Covid-19

Published

on

Bupati Bolmut Depri Pontoh menyerahkan piagam penghargaan kepada Plt Kadis KB PP & PA Bolmut Yani Lasama. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

BOROKO, ZONAUTARA.COM – Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) meraih penghargaan sebagai Kabupaten terbaik pertama lomba inovasi cegah putus pakai kontrasepsi pada masa pandemik Covid-19, pada kategori Jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) kurang dari 25.000 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Terkait penghargaan ini, Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BKKBN Sulut yang telah datang di Bolmut untuk menyerahkan langsung penghargaan.

“Bagi kami penghargaan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mensukseskan program pemerintah dengan melakukan kampanye Ber-KB kepada masyarakat meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini,” kata Depri.

“Untuk itu terimakasih dan rasa bangga saya ucapkan kepada jajaran Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bolmut, khsusunya program Inovasi KB Berjalan. Melalui kampanye ber-KB di jalan dimana masyarakat terus diingatkan akan pentingnya penggunaan alat kontrasepsi pada masa pandemi Covid-19, yang bertujuan untuk mencegah penularan covid-19,” tuturnya.

Menurut Depri, dengan program ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke Puskemas atau tempat layanan kesehatan, cukup dirumah saja, petugas yang akan datang ke rumah untuk memberikan pelayanan KB.

“Saya sedikit mengutip penyampaian Penyuluh KB kepada masyarakat melalui inovasi KB-berjalan yaitu, nikah boleh, kawin boleh, namun kehamilan ditunda dulu karena masa pandemi ini sangat rentan bagi ibu hamil, sebabdaya tahan tubuh ibu hamil menurun dan beresiko tertular Covid-19,” jelasnya.

 “Maka tunda dulu kehamilan dan marijo torang ikut KB. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemda Bolmut agar ikut mengkampanyekan program ber-KB kepada masyarakat untuk mencegah resiko tertular covid-19 pada masa transisi  tatanan normal baru masyarakat produktif dan aman covid-19 saat ini, “tuturnya.

Kepala perwakilan BKKBN provinsi Sulut Ir. Tino Tandayu, M.Erg menambahkan provinsi patut berbangga atas prestasi yang diraih oleh Kabupaten Bolmut.

“Semoga Bolmut semakin bersinar,”jelasnya. (FM)

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com