Connect with us

CARI TAHU

Berapa sebenarnya penghasilan seorang Youtuber?

Atta Halilintar disebut-sebut punya pendapatan Rp 700 juta per hari.

Bagikan !

Published

on

ZONUATARA.com – Banyak orang, terutama kaum millenial saat ini tertarik menjadi seorang Youtuber, sebutan yang disematkan untuk seseorang yang membuat konten melalui channel YouTube.

Ketertarikan itu salah satunya karena iming-iming penghasilan yang tinggi yang bisa didapatkan dengan mengunggah konten video di channel Youtube.

Baru-baru ini The Sun merilis 10 Youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia. Yang mengejutkan, Atta Halilintar, Youtuber asal Indonesia berada dalam rangking ke-8 dalam daftar itu.

Atta disebut punya penghasilan 1,37 juta poundsterling atau setara Rp 23,73 miliar per bulannya. Atau jika per hari, Atta bisa meraih pendapatan Rp 700 juta. Angka yang luar biasa. Benarkah demikian?

“Really?” Apakah itu benar? Apakah ada yang pernah lihat bukti transferan dengan jumlah-jumlah seperti itu?”, protes Atta, lewat Instagram story pada Agustus lalu.

Tak hanya Atta yang punya 19 juta subscriber yang membantah soal spekulasi penghasilan Youtuber, Kevin Hendrawan yang punya 1,68 juta subscriber juga pernah menyebut bahwa penghasilannya tak seperti yang dibayangkan orang.

Lalu berapa sebenarnya penghasilan seorang Youtuber? Andhika Gemintang, Youtuber asal Gorontalo yang pernah berbincang dengan Zonautara.com, mengaku saat ini penghasilannya antara Rp 30 juta hingga Rp 40 juta sebulan. Andhika yang punya 3,25 juta subscriber ini pernah mendapat penghasilan hingga Rp 90 juta dalam sebulan.

Sumber penghasilan

Orang banyak mengira-ngira pendapatan Youtuber karena bisa menghitungnya lewat kalkulator estimasi pendapatan channel Youtube. Salah satunya adalah Socialblade. Lewat aplikasi ini, sebuah channel bisa dilihat potensi pendapatannya.

Padahal Socialblade hanya menghitung estimasi, bukan pendapatan secara real. Youtuber memang mendapat penghasilan dari Google Adsense, sebuah sistem iklan yang dimiliki Google. Iklan akan tayang pada video-video yang layak dimonetasi. Namun soal hitungan berapa pendapatan iklan, Google punya algoritma sendiri, yang sayangnya tidak sama bagi semua channel.

Selain berdasarkan nilai cost per click (CPC) dan revenue per mille impression (RPM), pendapatan Adsense itu juga tergantung negara, kategori video, jumlah penayangan, dan asal traffic.

Youtuber yang sudah populer semacam Atta, Ria Ricis dan Kevin, juga mendapatkan penghasilan dari endorsement, affiliate marketing dan berjualan produk sendiri. Nah yang tiga sumber pendapatan itu, hanya mereka yang tahu.

Jadi tidak mudah menebak berapa sebenarnya penghasilan seorang Youtuber. Tapi sekedar informasi saja, berikut estimasi penghasilan beberapa Youtuber top Indonesia:

1Ricis Official16,7JutaRp65 miliar
2GEN HALILINTAR11,8 JutaRp49 miliar
3Calon Sarjana11,6 JutaRp87 miliar
4Rans Entertainment10 JutaRp80 miliar
5TRANS7 OFFICIAL9,39 JutaRp225 miliar
6Indosiar8,7 JutaRp168 miliar
7YtCrash8,69 JutaRp87 milar
8SAAIHALILINTAR8,09 JutaRp16 miliar
9The Shiny Peanut7,95 JutaRp57 miliar

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

CARI TAHU

Ukir sejarah, saat 2 astronot perempuan berjalan di luar angkasa

Koch dan Meir berjalan di luar angkasa di ketinggian 408 kilometer dari Bumi.

Bagikan !

Published

on

astronot perempuan
Astronot perempuan NASA, Christina Koch dan Jessica Meir berhasil mengukir sejarah. [NASA]

ZONAUTARA.com – Ini bukan pertama kali astronot perempuan berjalan di luar stasiun antariksa. Namun Christina Koch dan Jessica Meir mencatat sejarah saat dua astronot perempuan secara bersamaan melakukan spacewalk, Minggu (20/10/2019).

Mengutip halaman Reuters, Administrator NASA, Jim Bridenstine menyebut bahwa misi yang berhasil itu, merupakan pencapaian historis karena membuka jalan untuk program Artemis, yang akan mengirimkan perempuan pertama ke Bulan pada 2024.

Kedua astronot perempuan itu diberi tugas mengganti komponen baterai yang bermasalah di bagian luar stasiun antariksa ISS.

Koch dan Meir berjalan di luar angkasa di ketinggian 408 kilometer dari Bumi. Momen sejarah ini sendiri disaksikan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

“Kami tidak ingin mengambil banyak kredit karena ada beberapa spacewalker perempuan sebelum kami. Ini hanyalah pertama kali bahwa ada dua perempuan di luar pada saat yang sama,” terang Meir.

Hingga saat ini, astronot yang melakukan spacewalk di luar area ISS untuk melakukan perawatan stasiun antariksa berjumlah 221 kali, 43 diantaranya melibatkan astronot perempuan.

Sedangkan perempuan pertama yang melakukan spacewalk adalah kosmonot Rusia, Svetlana Savitskaya, yang keluar dari stasiun antariksa Salyut 7 pada 1984.

Dengan pencapaian Koch dan Meir, perempuan pun diharapkan kian memiliki peran dalam program luar angkasa.

“Ini adalah sesuatu yang signifikan. Banyak dari kita (perempuan) menatap ke depan untuk menilainya (spacewalk) sebagai sesuatu yang normal saja,” tutup Tracy Caldwell Dyson, perempuan yang tiga kali melakukan spacewalk di ISS pada 2010.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com