bar-merah

Berapa sebenarnya penghasilan seorang Youtuber?

ZONUATARA.com – Banyak orang, terutama kaum millenial saat ini tertarik menjadi seorang Youtuber, sebutan yang disematkan untuk seseorang yang membuat konten melalui channel YouTube.

Ketertarikan itu salah satunya karena iming-iming penghasilan yang tinggi yang bisa didapatkan dengan mengunggah konten video di channel Youtube.

Baru-baru ini The Sun merilis 10 Youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia. Yang mengejutkan, Atta Halilintar, Youtuber asal Indonesia berada dalam rangking ke-8 dalam daftar itu.

Atta disebut punya penghasilan 1,37 juta poundsterling atau setara Rp 23,73 miliar per bulannya. Atau jika per hari, Atta bisa meraih pendapatan Rp 700 juta. Angka yang luar biasa. Benarkah demikian?

“Really?” Apakah itu benar? Apakah ada yang pernah lihat bukti transferan dengan jumlah-jumlah seperti itu?”, protes Atta, lewat Instagram story pada Agustus lalu.

Tak hanya Atta yang punya 19 juta subscriber yang membantah soal spekulasi penghasilan Youtuber, Kevin Hendrawan yang punya 1,68 juta subscriber juga pernah menyebut bahwa penghasilannya tak seperti yang dibayangkan orang.

Lalu berapa sebenarnya penghasilan seorang Youtuber? Andhika Gemintang, Youtuber asal Gorontalo yang pernah berbincang dengan Zonautara.com, mengaku saat ini penghasilannya antara Rp 30 juta hingga Rp 40 juta sebulan. Andhika yang punya 3,25 juta subscriber ini pernah mendapat penghasilan hingga Rp 90 juta dalam sebulan.

Sumber penghasilan

Orang banyak mengira-ngira pendapatan Youtuber karena bisa menghitungnya lewat kalkulator estimasi pendapatan channel Youtube. Salah satunya adalah Socialblade. Lewat aplikasi ini, sebuah channel bisa dilihat potensi pendapatannya.

Padahal Socialblade hanya menghitung estimasi, bukan pendapatan secara real. Youtuber memang mendapat penghasilan dari Google Adsense, sebuah sistem iklan yang dimiliki Google. Iklan akan tayang pada video-video yang layak dimonetasi. Namun soal hitungan berapa pendapatan iklan, Google punya algoritma sendiri, yang sayangnya tidak sama bagi semua channel.

Selain berdasarkan nilai cost per click (CPC) dan revenue per mille impression (RPM), pendapatan Adsense itu juga tergantung negara, kategori video, jumlah penayangan, dan asal traffic.

Youtuber yang sudah populer semacam Atta, Ria Ricis dan Kevin, juga mendapatkan penghasilan dari endorsement, affiliate marketing dan berjualan produk sendiri. Nah yang tiga sumber pendapatan itu, hanya mereka yang tahu.

Jadi tidak mudah menebak berapa sebenarnya penghasilan seorang Youtuber. Tapi sekedar informasi saja, berikut estimasi penghasilan beberapa Youtuber top Indonesia:

1Ricis Official16,7JutaRp65 miliar
2GEN HALILINTAR11,8 JutaRp49 miliar
3Calon Sarjana11,6 JutaRp87 miliar
4Rans Entertainment10 JutaRp80 miliar
5TRANS7 OFFICIAL9,39 JutaRp225 miliar
6Indosiar8,7 JutaRp168 miliar
7YtCrash8,69 JutaRp87 milar
8SAAIHALILINTAR8,09 JutaRp16 miliar
9The Shiny Peanut7,95 JutaRp57 miliar

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com