Connect with us

Zona Tomohon

Eman janji sokong Tayapu Hat dan Mahwali Scarf

Kedua produk itu merupakan karya inovatif Lesung Mahatus.

Bagikan !

Published

on

lesung mahatus
Wali Kota Tomohon Jimmy Eman menggenakan Tayapu hat dan Mahwali scarf. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Eman berjanji akan mendukung sepenuhnya produk inovatif yang dikembangkan Lesung Mahatus. Dua produk itu adalah Tayapu Hat dan Mahwali Scarf.

Eman yang hadir dalam pentas “I Yayat U Santi” di Amphitheater Woloan, Tomohon, Sabtu (2/11/2019) bahkan mengenakan scarf dan topi tersebut.

“Saya mendukung sepenuhnya produksi inovatif berciri daerah ini. Dalam waktu dekat saya akan ke Spanyol, dan akan mencoba memperkenalkan produk-produk daerah Tomohon,” kata Eman.

Tayapu hat dibuat dari kulit kayu yang merupakan material utama pakaian orang Minahasa pada masa lampau. Bahan topi ini diambil dari pohon Tayapu yang dipercaya punya banyak kegunaan.

Baca juga: Foto-foto pagelaran I Yayat U Santi

Lesung Mahatus kemudian mengubah kulit kayu Tayapu menjadi produk harian berupa topi dengan kesan nuansa mistis hutan-hutan purba Minahasa.

Sementara Mahwali scarf terinspirasi dari karakter kuat orang-orang Minahasa yang dijahit berbentuk asimetris dari kain perca.

Bentuk asimetris itu sengaja untuk memunculkan pesona penggunanya sehingga terlihat distingtif dan berani.

Eman menjelaskan bahwa Tomohon punya potensi yang besar dalam pengembangan seni kreatif.

Lesung Mahatus selain memamerkan topi dan scarf juga memamerkan prototype Tou House, produk inovatif rumah adat Minahasa.

Sabtu sore itu juga digelar pertunjukkan I Yayat U Santi, sebuah seni kolaborasi tari, film dan paduan suara dari legendar waraney.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Masuki akhir tahun, pemkot evaluasi pelaksanaan keuangan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev)Keuangan Triwulan VI,di aula BPKPD Kota Tomohon, Selasa (3/12/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V. Lolowang membuka kegiatan tersebut.

Saat membacakan sambutan Wali Kota, Lolowang mengatakan, kegiatan Rakorev Keuangan Triwulan IV ini lebih diarahkan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan pengelolaan keuangan sampai saat ini, terlebih saat memasuki akhir tahun.

Dia menjelaskan, meski dipahami bahwa banyaknya kegiatan saat ini termasuk pertanggungjawaban, namun perlu diingatkan bagi seluruh pengelola keuangan juga untuk tetap mempedomani jadwal akhir tahun sebagaimana surat edaran Wali Kota yang telah dibagikan pada saudara.

“Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah pasal 10 ayat 1 “Kepala satuan kerja perangkat daerah selaku pengguna anggaran menyusun laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada satuan kerja perangkat daerah yang bersangkutan dan menyampaikannya kepada Wali Kota melalui pejabat pengelola keuangan daerah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Lolowang, sesuai dengan amanat PP Nomor 8 Tahun 2006 yang sudah dijelaskan terdahulu, maka pada saat ini berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, para pejabat penatusahaan keuangan (PPK-SKPD) sudah dapat memperhatikan hal-hal penting dalam persiapan penyusunan laporan keuangan perangkat daerah.

Tentunya, kata Lolowang, dengan mempedomani surat edaran tentang langkah strategis dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tomohon tahun anggaran 2019.

“Saya minta hal-hal yang sudah disampaikan tadi untuk mendapatkan perhatian dari bapak-ibu Kepala Perangkat Daerah beserta jajaran pengelola keuangan di perangkat daerah masing-masing,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rakorev tersebut Inspektur Kota Tomohon Max M. Mentu, Kaban Bapelitbangda Kota Tomohon Royke Roeroe, para Kepala Perangkat Daerah se-Kota Tomohon, serta Camat dan Lurah.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com