Connect with us

ZONA DAERAH

19 pejabat ikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melaksanakan Seleksi Terbuka (open biding) jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkot Tomohon, Kamis (12/12/19).

Seleksi yang dilaksanakan di ruang CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Kota Tomohon, diikuti sebanyak 19 orang pejabat eselon III.

Asisten Komisioner ASN bidang monitoring dan evaluasi, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)) Jhon Feryanto hadir langsung memantau seleksi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Jhon mengatakan, salah satu wewenang KASN, yakni mengawasi segala tahapan seleksi seperti yang dilakukan saat ini.

“Kami berharap, Pemerintahan Kota Tomohon memperoleh pejabat-pejabat yang berkualitas, sehingga Tomohon akan lebih maju,” ujarnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, Pemkot Tomohon terus berupaya untuk melakukan reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik. Salah satu perwujudan dari upaya tersebut, kata Eman, adalah melaksanakan uji kompetensi bagi para pejabat.

Dia menjelaskan, seorang pejabat dituntut harus memiliki kreativitas, inovasi, serta mampu mengimplementasikan berbagai kebijakan yang diberikan pimpinan.

“Peningkatan pelayanan publik merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah Kota Tomohon. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan pejabat yang memiliki integritas, profesional dan kompetensi yang memadai, sehingga diharapkan seleksi ini menghasilkan pejabat yang nantinya diangkat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” tutur Eman.

Dia pun berharap seluruh pejabat dapat bekerja dengan baik, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” pungkas Eman.

Kepala BKPSDMD Kota Tomohon Daniel Pontonumu sebagai pihak pelaksana kegiatan menjelaskan, seleksi tersebut dilaksanakan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan dan kebutuhan organisasi, khususnya pada beberapa jabatan pimpinan tinggi pratama, agar dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan berjalan dengan baik.

Diketahui, dari 19 pejabat yang ikut dalam seleksi tersebut, salah satunya adalah Kabag Humas dan Protokol John S Kapoh.

Turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota Harold Lolowang, Tim Pengawas pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pandu Wibowo, serta panitia seleksi bersama jajaran BKPSDM.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Target diserahkan 31 Januari, penyusunan LKPD dikebut

Published

on

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menegaskan, pihaknya akan mengupayakan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon diserahkan pada akhir Januari 2020 mendatang.

Jika terlaksana sesuai dengan target tersebut, Kota Tomohon pun akan menjadi yang pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang memasukan LKPD dan yang kedua di Indonesia setelah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Di tahun-tahun sebelumnya penyerahan buku LKPD ini biasanya paling lambat diserahkan pada bulan Maret. Di tahun 2020 ini, Pemerintah Kota menjadi terobosan, bahwa kita akan pertama di Sulut menyerahkan LKPD di 31 Januari dan kedua tercepat di Indonesia,” ujar Eman beberapa waktu lalu.

Menurut Eman, penyerahan LKPD di akhr Januari ini tujuannya bukan untuk menjadi yang tercepat, melainkan sebagai bagian dari pemantauan pengelolaan keuangan dan kinerja.

“Targetnya bukan menjadi yang tercepat, tapi sebenarnya kita terus meningkatkan diri dalam rangkaian bagaimana laporan keuangan dan kinerja Pemerintah Kota Tomohon ini terus dipantau dan dievaluasi,” ungkap Eman.

Dia menegaskan, Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Tomohon saat ini sedang dalam tahapan perampungan sebelum nantinya diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kepala BPKPD Gerardus Mogi. (Foto: zonautara.com)

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Gerardus Mogi menjelaskan, dari 34 Perangkat Daerah ditambah 9 bagian yang ada di jajaran Pemkot Tomohon, hanya tertinggal 3 Perangkat Daerah yang sementara dirampungkan penginputan data-data asetnya.

“Ketiga Perangkat Daerah tersebut adalah PUPR, Dinkes dan Dikbud. Sementara, untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Timur dan Tomohon Utara masih belum menginput data, sedangkan Kecamatan Tomohon Selatan hampir selesai,” kata Mogi, Rabu (22/1/2020).

Menurut Mogi, dasar penyusunan LKPD adalah laporan keuangan dari setiap Perangkat Daerah dan saat ini juga Inspektorat sementara melakukan review bagi setiap Perangkat Daerah yang laporan keuangannya sudah selesai dilaksanakan.

“Sejak tanggal 13 Januari itu dimulai dengan rekonsiliasi data Perangkat Daerah dengan Bidang Akutansi untuk posisi KAS (saldo akhir). Juga, rekonsiliasi data Aset dengan Bidang BMD untuk menghitung nilai Aset, akumulasi penyusutan Aset dan total pengadaan di tahun 2019,” pungkas Mogi.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com