Banyak pulau tak berpenghuni di wilayah Nusa Utara

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan
Pulau Pasige di Tagulandang, Sitaro terlihat dari udara. (Foto: zonautara.com/Ronny A. Buol)



ZONAUTARA.com – Jazirah Nusa Utara yang terletak di bagian utara Provinsi Sulawesi Utara ternyata memiliki banyak pulau yang tak berpenghuni.

Sebutan Nusa Utara merujuk pada wilayah yang secara administratif pemerintahan terdiri atas tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kabupaten Kepulauan Sitaro

Kabupaten yang beribu kota Ondong ini memiliki total 47 pulau. Jumlah tersebut terdiri dari 10 pulau berpenghuni dan 37 pulau tidak berpeghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Sitaro memiliki tiga gugusan pulau, yaitu Gugusan Pulau Siau, Gugusan Pulau Tagulandang, serta Gugusan Pulau Biaro. Pada masing-masing gugusan pulau tersebut terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sitaro terletak pada koordinat: 02° 4′ 13” – 02 52′ 47″ Lintang Utara (LU) dan 125° 09′ 28″ – 125° 24′ 25″ Bujur Timur (BT).

Kabupaten Kepulauan Sangihe

Kabupaten yang beribu kota Tahuna ini memiliki total 105 pulau. Jumlah tersebut terdiri dari 26 pulau berpenghuni dan 79 pulau yang tidak berpenghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Sangihe terdiri atas gugusan yang sangat variatif. Ada gugusan dengan jarak antarpulau yang berdekatan dan juga dengan jarak berjauhan.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak pada koordinat 2° 4’ 13” – 4° 44’ 22” LU dan 125° 9′ 28” – 125° 56′ 57” BT.

Kabupaten Kepulauan Talaud

Kabupaten yang beribu kota Melonguane ini memiliki total 17 pulau. Jumlah tersebut terdiri 7 pulau berpenghuni dan 10 pulau yang tidak berpenghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri atas lima gugusan pulau, yaitu Gugusan Pulau Miangas, Gugusan Pulau Nanusa, Gugusan Pulau Karakelang, Gugusan Pulau Salibabu, dan Gugusan Pulau Kabaruan.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Talaud terletak pada koordinat 3° 38′ 00” – 5° 33′ 00” LU dan 126° 38′ 00” – 127° 10′ 00” BT.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com