Connect with us

ZONAPEDIA

Banyak pulau tak berpenghuni di wilayah Nusa Utara

Sebutan Nusa Utara merujuk pada wilayah yang secara administratif pemerintahan terdiri atas tiga kabupaten di Sulawesi Utara.

Bagikan !

Published

on

Pulau pasige di Kabupaten Sitaro. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Jazirah Nusa Utara yang terletak di bagian utara Provinsi Sulawesi Utara ternyata memiliki banyak pulau yang tak berpenghuni.

Sebutan Nusa Utara merujuk pada wilayah yang secara administratif pemerintahan terdiri atas tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kabupaten Kepulauan Sitaro

Kabupaten yang beribu kota Ondong ini memiliki total 47 pulau. Jumlah tersebut terdiri dari 10 pulau berpenghuni dan 37 pulau tidak berpeghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Sitaro memiliki tiga gugusan pulau, yaitu Gugusan Pulau Siau, Gugusan Pulau Tagulandang, serta Gugusan Pulau Biaro. Pada masing-masing gugusan pulau tersebut terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sitaro terletak pada koordinat: 02° 4′ 13” – 02 52′ 47″ Lintang Utara (LU) dan 125° 09′ 28″ – 125° 24′ 25″ Bujur Timur (BT).

Kabupaten Kepulauan Sangihe

Kabupaten yang beribu kota Tahuna ini memiliki total 105 pulau. Jumlah tersebut terdiri dari 26 pulau berpenghuni dan 79 pulau yang tidak berpenghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Sangihe terdiri atas gugusan yang sangat variatif. Ada gugusan dengan jarak antarpulau yang berdekatan dan juga dengan jarak berjauhan.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak pada koordinat 2° 4’ 13” – 4° 44’ 22” LU dan 125° 9′ 28” – 125° 56′ 57” BT.

Kabupaten Kepulauan Talaud

Kabupaten yang beribu kota Melonguane ini memiliki total 17 pulau. Jumlah tersebut terdiri 7 pulau berpenghuni dan 10 pulau yang tidak berpenghuni.

Wilayah kepulauan di Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri atas lima gugusan pulau, yaitu Gugusan Pulau Miangas, Gugusan Pulau Nanusa, Gugusan Pulau Karakelang, Gugusan Pulau Salibabu, dan Gugusan Pulau Kabaruan.

Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Talaud terletak pada koordinat 3° 38′ 00” – 5° 33′ 00” LU dan 126° 38′ 00” – 127° 10′ 00” BT.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Fakta unik tentang Bumi dan kehidupan (Seri 3)

Dimana letaknya air terjun api, kenapa manusia takut dan beberapa fakta lainnya.

Bagikan !

Published

on

Bunglon
Bunglon / Ilustrasi dari Pixabay.com

Masih dengan topik fakta-fakta unik tentang bumi dan kehidupan. Masih ada loh fakta-fakta menarik dan perlu kamu ketahui.

Air terjun api abadi

Sumber: Instagram

Di Taman Yosemite Lodge di New York Barat ada air terjun kecil bernama eternal flame falls atau air terjun api abadi. Ada gas alam yang keluar dari dasar gua dibalik air terjun ini yang bisa disulut sehingga menghasilkan bara api kecil di balik tirai air terjun ini.

Takut bikin happy

Tahukah kamu… ternyata rasa takut bisa menciptakan euforia. Rasa takut bisa membuatmu senang asalkan tidak ada bahaya yang mengikuti. Itu sebabnya banyak orang tergila gila menonton film horor.

Pinguin punya lutut

Hewan lucu satu ini dengan telapak kaki yang terlihat tanpa tangkai ini ternyata memiliki lutut. Persendian lutut pada hewan pinguin terletak lebih tinggi dari biasanya. Sendi ini terletak lebih ke atas pada bagian seharusnya pinggul berada. Sementara sendi pinggulnya berada jauh di dekat ekor.

Danau Abraham

Sumber: curiocity

Di Kanada terdapat sebuah danau yaitu Danau Abraham. Pada musim dingin air dari danau ini akan dipenuhi bola-bola putih menyerupai bola-bola salju. Gelembung es indah ini ternyata adalah kantong gas metana super berbahaya dan mudah terbakar.

Bunglon

Panjang lidah bunglon hampir dua kali panjang tubuhnya. Kalau manusia juga bisa seperti ini, lidah kita bisa mencapai 3 – 4 meter.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com