BOLMONG, ZONAUTARA,com – Banjir bandang yang menerjang Desa Domisil dan Desa Pangi, Kecamatan Sang Tombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (4/3/2020) juga mengakibatkan akses jalan penghubung Bolmong-Gorontalo jalur terputus.

Material berupa bebatuan besar disertai lumpur masih menutupi sejumlah titik di sepanjang kecamatan Sang Tombolang.

Baca juga: Banjir bandang terjang Bolmong, 1 balita tewas

Selain itu, informasi yang diperoleh, di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) juga terdapat beberapa titik longsoran.

Bahkan, ada ruas jalan yang retak dan nyaris ambles.

Sejumlah alat berat masih berusaha membersihkan sisa-sisa longsoran.
Untuk itu, para pengguna jalan yang akan menuju Gorontalo dari Manado dan Kotamobagu atau sebaliknya, diminta untuk tak melewati Bolmong.

Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Bolaang, yang dipimpin langsung Kepolsek Bolaang, AKP A. W. Hudodo bersama segenap jajarannya telah memasang papan pengumuman tepatnya di simpang tiga Jembatan Kaiya, Kelurahan Inobonto I.

“Sebagai alternatifnya, para pengguna jalan tujuan Gorontalo atau sebaliknya bisa lewat jalur Bolmong Selatan,” ujar Kapolsek.

Di sisi lain, salah satu pengendara sepeda motor yang sempat ditemui wartawan di Jembatan Kaya mengaku dari Gorontalo dan melintasi wilayah terdampak longsor dan banjir.

“Kalau khusus untuk sepeda motor dan mobil ukuran kecil sebenarnya sudah bisa lewat. Tapi harus sabar menunggu macet yang cukup panjang. Saya saja sekitar empat jam antri baru bisa tembus. Kalau mobil besar memang sama sekali belum bisa lewat,” aku pria yang mengaku akan ke Manado.

Editor: Ronny Adolof Buol




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id