bar-merah

Dalam 30 hari mendatang diperkirakan ada 7,46 juta orang terjangkit covid-19

A man wears a medical mask as a precaution against coronavirus at deserted Leicester Square in London, United Kingdom on March 23, 2020. Photo: AFP

ZONAUTARA.COM – Saat ini jumlah kasus positif terjangkit virus corona di dunia sudah mencapai angka 3,6 juta orang, dengan 251 ribu orang meninggal dunia.

Grafik pertumbuhan kasus positif belum juga melandai dan masih menunjukkan penambahan kasus yang signifikan terutama di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa termasuk Rusia.

Sebuah situs yang mengambil data dari Johns Hopkins, membuat proyeksi pertumbuhan kasus positif dan jumlah kematian yang diprediksi akan terjadi beberapa hari kedepan.

Diakses pada Selasa (5/5) pukul 09.30 WITA, situs ini menghitung akan ada 4,19 juta orang terjangkit covid-19 di seluruh dunia pada tujuh hari mendatang, dan akan ada sekitar 5 juta orang yang terjangkit dua minggu mendatang.

Proyeksi yang menggunakan pertumbuhan data selang lima hari terakhir itu membuat model regresi eksponensial untuk membangun proyeksinya. Kurva pertumbuhan yang ditampilkan berubah seiring dengan laporan data dari Johns Hopkins.

Situs ini mengkalkulasi, pada 30 hari mendatang atau pada 5 Juni, total orang terjangkit covid-19 di seluruh dunia diperkirakan akan ada sebanyak 7.46 juta orang, dan 466,2 ribu orang meninggal dunia.

Prediksi ini mengindikasikan bahwa penularan virus corona belum bisa dihentikan dalam waktu dekat, jika upaya-upaya pencegahan penyebarannya tidak lebih diperketat.

Sumber: covid19projections.com, diakses pada 5 Mei pukul 09.30 WITA

Berapa proyeksi untuk Indonesia

Menariknya, situs ini bisa digunakan untuk melihat proyeksi di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Dari perhitungan regresi eksponensial mereka, jumlah kasus di Indonesia seminggu mendatang atau pada 12 Mei akan ada sebanyak 14,2 ribu kasus.

Untuk proyeksi 21 hari mendatang atau sekitar tanggal 26 Mei, diprediksi jumlah kasus di Indonesia mencapai 22,9 ribu kasus, dengan perkiraan kematian mencapai 1.280 orang meninggal.

Saat ini jumlah kasus di Indonesia sudah mencapai 11.587 kasus, dengan 864 kematian. Angka mortality rate di Indonesia ada pada angka 7.55 persen.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com