Singapura kerahkan patroli robot “anjing”, ingatkan self-distancing

Tessa Senduk
Penulis Tessa Senduk
Robot "anjing" di Singapura berpatroli ingatkan warga social-distancing. (Istimewa)



ZONAUTARA.com – Singapura terus berinovasi melakukan berbagai cara untuk menekan angka positif covid-19 di negara tersebut.

Mereka pun mencoba cara baru yang anti mainstream, yakni memanfaatkan teknologi disaat pandemi covid-19 ini.

Pemerintah Singapura menggunakan robot berbentuk “anjing” untuk mengingatkan kepada orang-orang yang masih berkeliaran di luar rumah untuk terus menjaga jarak sosial.

Dilansir dari CNN bahwa robot berkaki empat yang disebut Spot itu sudah mulai berpatroli sejak akhir pekan lalu di salah satu taman lokal.

Robot “anjing” yang dirancang oleh Boston Dynamics telah dilengkapi dengan rekaman pesan siaran untuk mengingatkan kepada pengunjung taman tentang pentingnya menjaga jarak.

Robot patroli itu juga dilengkapi dengan kamera, bertujuan untuk membantu pemerintah mengetahui jumlah masyarakat yang masih suka berkumpul di taman.

Kamera tersebut tidak dapat melacak atau mengenali individu, dan bahkan tidak ada data pribadi yang dikumpulkannya.

Proyek uji coba ini dilaksanakan selama dua minggu. Dan jika berjalan dengan baik, pihak berwenang akan mempertimbangkan untuk memperluas progam patroli robot “anjing” tersebut.

Langkah mengerahkan robot berwarna kuning ini untuk meningkatkan penegakan social-distancing di Singapura, karena adanya lonjakan kasus baru yang mengkhawatirkan.

Editor: Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com