ZONAUTARA.com – Singapura terus berinovasi melakukan berbagai cara untuk menekan angka positif covid-19 di negara tersebut.

Mereka pun mencoba cara baru yang anti mainstream, yakni memanfaatkan teknologi disaat pandemi covid-19 ini.

Pemerintah Singapura menggunakan robot berbentuk “anjing” untuk mengingatkan kepada orang-orang yang masih berkeliaran di luar rumah untuk terus menjaga jarak sosial.

Dilansir dari CNN bahwa robot berkaki empat yang disebut Spot itu sudah mulai berpatroli sejak akhir pekan lalu di salah satu taman lokal.

Robot “anjing” yang dirancang oleh Boston Dynamics telah dilengkapi dengan rekaman pesan siaran untuk mengingatkan kepada pengunjung taman tentang pentingnya menjaga jarak.

Robot patroli itu juga dilengkapi dengan kamera, bertujuan untuk membantu pemerintah mengetahui jumlah masyarakat yang masih suka berkumpul di taman.

Kamera tersebut tidak dapat melacak atau mengenali individu, dan bahkan tidak ada data pribadi yang dikumpulkannya.

Proyek uji coba ini dilaksanakan selama dua minggu. Dan jika berjalan dengan baik, pihak berwenang akan mempertimbangkan untuk memperluas progam patroli robot “anjing” tersebut.

Langkah mengerahkan robot berwarna kuning ini untuk meningkatkan penegakan social-distancing di Singapura, karena adanya lonjakan kasus baru yang mengkhawatirkan.

Editor: Christo Senduk




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id