bar-merah

Bolmut miliki potensi kelautan dan perikanan

BOROKO, ZONAUTARA.COM – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memiliki potensi dibidang perikanan dan kelautan. Terlebih Bolmut salah satu Kabupaten yang termasuk dalam Badan Kerjasama Utara-utara yang melibatkan Kabupaten di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Bahkan awal bulan Juni 2020 lalu Bupati Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena  menghadiri kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan  Edhy Prabowo dengan Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU) bertempat di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Kegiatan tersebut  bertujuan untuk memberi motivasi kepada para stakeholder perikanan budidaya dan mendukung sektor perikanan budidaya agar terus memberikan kontribusi perekonomian yang baik ditengah pandemi Covid-19.

Dalam arahannya Menteri Kelautan dan Perikanan mendorong para kepala daerah yang tergabung dalam BKSU untuk mengembangkan budidaya perikanan di daerah masing-masing.

“Serta melakukan percepatan pembangunan kawasan klaster perikanan budidaya yang berkelanjutan. Daerah diminta membentuk tim dan belajar dari daerah yang berhasil dan melakukan peningkatan infrastruktur pendukung di lokasi tambak,” ujarnya.

Pada Januari lalu, di Palembang Wakil Bupati Amin Lasena menghadiri Rapat Kerja (Raker) Teknis Pelaksanaan Kegiatan Prioritas Lingkup Ditjen Perikanan Budidaya tahun 2020. Terkait agenda tersebut Wakil Bupati Amin Lasena mengatakan Bolmut masuk delapan Kabupaten prioritas.

“Pengembangan program perikanan budidaya jenis program pengembangan tambak udang paname,” tuturnya.

Sementara itu berdasarkan data yang ada, Bolmut  memiliki panjang garis pantai 174 KM dengan luas wilayah laut 54.740 Ha, merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah provinsi Gorontalo. Selain itu potensi budidaya laut 5.678 Ha, dengan jumlah nelayan 9.010 jiwa.

Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Bolmut, produksi perikanan tangkap laut pada tahun 2018 mencapai 1928,40 ton. Produksi ini turun dibandingkan pada tahun 2017 yang mencapai 3517 ton.

Sementara itu Bupati Bolmut Depri Pontoh sempat menyinggung soal perikanan dalam konteks keberlanjutan.

“Pemerintahan saya dan Wakil Bupati telah mengemas dalam berbagai paket kebijakan daya manusia, yang berkualitas dan berbudaya,”ujar Bupati. Memantapkan, tata kelola pemerintahan yang baik good government and clean governance. Meningkatkan daya saing ekonomi berbasis pertanian, perikanan, dan pariwisata serta memantapkan pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah yang handal,” ungkap Bupati. (FM)

Data Kelautan Bolmut

Jumlah nelayan9.010 jiwa
Panjang garis pantai174 KM
Luas wilayah laut54.740 Ha
Batas langsungLaut Sulawesi
Pulau5 pulau kecil dan 1 pulau terluar
Perairan territorial7.733.952 Ha
Hutan mangrove1.290 Ha
Terumbu karang1.546.790 Ha
Produksi perikanan laut 2018
Sangkub321.5 ton
Bintauna120 ton
Bolangitang Timur521 ton
Bolangitang Barat321,70 ton
Kaidipang122 ton
Pinogaluman522,20 ton
Total1.928,40 ton
Sumber: DKPBolmut


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com