bar-merah

Tidur siang lebih dari sejam beresiko bagi kesehatan jantung

zonautara.com
Ilustrasi tidur siang (Foto: Pexels)

ZONAUTARA.com – Sebuah penelitian menjelaskan bahwa tidur siang dalam waktu yang lama dapat beresiko 30 persen mengalami kematian, dan 34 persen beresiko terkena penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Temuan ini berasal dari para ilmuwan China, yang nantinya akan dipresentasikan European Society of Cardiology Congress.

Lansir dari Mirror, seorang penulis studi Dr. Zhe Pan dari Universitas Kedokteran Guangzhou berkata, tidur siang dianggap sebagai hal yang biasa oleh kebanyak orang yang ada di dunia, bahkan dianggap sebagai kebiasaan sehat.

Hasil penelitian inipun menjelaskan bagaimana berlama-lama tidur siang ternyata tidak baik untuk kesehatan jantung.

Para peneliti memperhitungkan dengan durasi saat tidur malam, kemudian dihubungkan dengan durasi tidur siang.

Data penelitian ini dikumpulkan dari 313.000 peserta, dan sekitar 39 persen peserta rutin tidur siang.

Peneliti menyimpulkan bahwa tidur siang dalam durasi berapapun meningkatkan risiko kematian seseorang sebesar 19 persen. Hal ini disebabkan karena peserta menggunakan tidur siang sebagai pengganti tidur malam nyenyak yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

“Orang yang tidur siang selama 60 menit atau lebih, memiliki risiko tertinggi,” catat para peneliti.

Menurut penelitian, orang-orang dengan tidur siang 60 menit atau lebih bisa meningkatkan risiko kematian dini sebanyak 30 persen dan meningkatkan penyakit jantung sebanyak 34 persen.

“Temuan penelitian ini didasarkan pada penelitian yang ada dan menunjukkan bahwa tidur siang yang lama dapat menyebabkan peradangan, tekanan darah tinggi, dan diabetes,” kata penulis utama studi Dr. Zhe Pan.

Dr. Pan justru mengatakan bahwa orang-orang yang tidur siang kurang dari 60 menit tidak bersesiko terkena penyakit jantung, namun sebaliknya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang lebih singkat dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur di malam hari.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com