bar-merah

Trik psikologis untuk membuat orang-orang semakin menyukaimu (2)

Zona Utara
Ilustrasi. (Image: pixabay.com)

ZONAUTARA.com Meneruskan tulisan sebelumnya, masih ada nih trik yang bisa kamu lakukan untuk membuat orang-orang di sekitarmu lebih mudah menyukaimu.

Berikut beberapa trik lanjutan yang bisa memengaruhi cara pandang orang terhadapmu secara psikologis.

Baca: Trik psikologis untuk membuat orang-orang semakin menyukaimu (1)

1. Sering membicarakan kemiripan/ kesamaan

Menurut sebuah studi klasik, orang akan cenderung lebih tertarik pada orang yang mirip dengan mereka. Orang-orang juga akan merasa lebih mudah berinteraksi dengan orang yang dirasa mirip.

2. Skinship

Yang dimaksud skinship disini bukanlah sentuhan-sentuhan yang biasa diberikan pada pasangan, hubungan dengan sentuhan yang dimaksud adalah sentuhan-sentuhan ringan sebagai salah satu ekspresi interaksi. Contoh umum misalnya menepuk punggung seseorang dengan ringan atau menyentuh lengan. Hal ini bisa membuat orang merasa lebih hangat atau akrab terhadap kita.

3. Senyum

Baru-baru ini, para peneliti menemukan pola avatar dengan senyum lebar dipandang sebagai gambaran yang lebih positif dalam interaksi virtual. Hal ini juga berlaku didunia nyata. Sebuah studi menunjukkan bahwa tersenyum ketika pertama kali bertemu seseorang akan membantu memastikan mereka akan mengingat kita.

4. Beritahukan sebuah rahasia

Pengungkapan diri bisa menjadi salah satu teknik membangun hubungan paling baik. Bukan rahasia penting dalam hidup kita, pengungkapan yang dimaksud adalah informasi sederhana tapi lebih intim atau pribadi. Misalnya berbicara tentang film terakhir  yang ditonton atau pembicaraan tentang orang-orang berarti/ dicintai.

Ketika kita berbagi informasi intim dengan orang lain, mereka cenderung merasa lebih dekat dengan kita dan ingin mempercayai kita.

5. Tunjukkan bahwa kamu bisa menyimpan rahasia

Kepercayaan menjadi hal yang sangat dijunjung tinggi dalam sebuah hubungan social. Kejujuran dan loyalitas digambarkan sebagai point paling vital dalam ranah interaksi sosial dan menjalin hubungan yang lebih dekat.

6. Dibawa asik dan jangan lupa bercanda

Terlepas dari status hubungan yang dijalin, entah dalam hubungan asmara ataupun pertemanan, selera humor sangatlah penting.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan humor pada pertemuan pertama bisa lebih mencairkan suasana dan membuat orang tersebut lebih menyukaimu. Fakta juga menunjukkan bahwa sikap konyol bisa lebih meningkatkan  ketertarikan romantis.

7. Biarkan dia membicarakan diri sendiri

Berbicara tentang diri sendiri mungkin secara inheren bermanfaat. Sama halnya tentang kebutuhan kita akan makan, minum, dan lain-lain. Bagian otak terkait dengan motivasi dan penghargaan paling aktif ketika orang berbicara tentang diri mereka sendiri.

Dengan kata lain, membiarkan seseorang berbagi satu atau dua cerita tentang kehidupan mereka daripada sibuk menghabiskan waktu mengoceh tentang kehidupan pribadi kita dapat memberi mereka lebih banyak kenangan positif tentang interaksi dengan kita.

8. Terbuka tentang perasaan

Keterbukaan emosional tentu saja memiliki resiko yang membuat kita merasa rentan terhadap respon lawan bicara kita. Entah perasaan yang kita sampaikan bisa diterima, dibalas, atau ditolak. Namun, ekspresif dan lebih tebuka soal perasaan menjadi sifat yang diinginkan dan penting dalam penggambaran pasangan yang ideal. Tidak hanya dalam hubungan asmara, hal ini juga berlaku dalam hubungan pertemanan yang kita jalin.

9. Bertingkahlah seolah kamu memiliki ketertarikan lebih terhadap mereka

Hal ini dikenal dengan fenomena reciprocity of liking atau timbal balik rasa suka. Saat kita merasa atau mengira orang menyukai kita, maka kita akan cenderung menyukai mereka juga.

Ketika kita mengharapkan orang menerima kita, kita akan bersifat lebih hangat, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka menyukai kita.

Jadi, meskipun anda tidak begitu yakin soal perasaan orang yang berinteraksi dengan anda, bersikaplah seolah anda menyukai mereka (alias bersikap lebih hangat) sehingga kemungkinan mereka juga akan menyukai kita.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com