bar-merah

62 kasus Covid-19 di Sulut, 17 di antaranya dari Kota Tomohon

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengumumkan jumlah kasus korona di Sulut. Pada Jumat (16/10/2020) kasus Covid-19 meningkat cukup signifikan, yakni bertambah 62 kasus.

Juru bicara satgas Covid-19 Steaven Dandel menuturkan, dua daerah sebagai penyumbang terbanyak, yaitu Kota Manado 22 kasus dan Kota Tomohon 17 kasus.

Steaven menjelaskan, salah satu fenomena yang mendapat perhatian khusus dari Satgas Covid 19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara adalah adanya kluster keluarga yang cukup besar di Kota Tomohon.

“Kluster ini terdeteksi dari adanya kasus 1 orang yang meninggal dunia, yang kemudian dilakukan tracking dan testing terhadap semua Kontak Erat Resiko Tinggi dari yang bersangkutan. Dari hasil testing ini ditemukan adanya tambahan 14 kasus positif,” ungkap Steaven.

Ia menjeskan, investigasi lanjutan akan dilakukan oleh Satgas Kota Tomohon, tapi ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian dari kasus ini adalah yaitu sebagian besar kasus kluster keluarga terjadi karena ketidakdisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, dan selalu berasumsi bahwa anggota keluarga kita sudah aman dan tidak mungkin menjangkiti.

Selain itu kluster keluarga ini juga terjadi karena adanya acara-acara sosial dalam keluarga yang mengundang kerumunan tanpa adanya disiplin ketat.

“Masyarakat harus lebih disiplin lagi dan tidak menganggap remeh keberadaan penjangkitan dalam keluarga. Akibat dari kelalaian kita, bukan tidak mungkin orang yang kita sayangi dalam keluarga akan menjadi korban,” ucap Steaven.

Ia menamabahkan, satgas Covid-19 di Kabupaten Kota perlu mengawasi secara ketat pelaksanaan acara-acara sosial yang menyebabkan terjadinya kerumunan masyarakat.

Penulis : Ishak Kusrant



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com