bar-merah

Bagaimana melepaskan ketakutan Anda? Baca ini!

perempuan cantik
Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.com – Apakah Anda terkadang merasa dilumpuhkan oleh rasa takut? Rasa takut muncul pada setiap orang dalam berbagai bentuk.

Anda mungkin mulai merasa takut, sakit kepala, atau mual. Kecemasan menyebabkan kita terlalu memikirkan situasi, yang menghentikan kita untuk mengambil tindakan.

Rasa takut pasti bisa menahan kita untuk mencapai potensi maksimal kita. Ketika ini terjadi, hal terbaik yang harus dilakukan adalah melepaskan rasa takut.

Apa yang dapat Anda capai jika Anda hidup tanpa rasa takut? Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatasinya dan menjadi tak terbendung!

1. Plan it out

Apakah Anda sering menekan tombol snooze? Atau apakah Anda merasa membuang-buang waktu untuk pekerjaan yang tidak Anda sukai? Saat Anda mengikuti impian Anda dan membuat rencana baru untuk masa depan, Anda mungkin mulai takut gagal dan menjadi ragu-ragu.

Memiliki rencana di tempat akan membantu Anda mengatasi kecemasan ini. Seperti kata pepatah, “Perencanaan yang tepat mencegah kinerja yang buruk.”

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai yang akan membawa Anda lebih dekat dengan tujuan Anda, dan tetap berkomitmen pada rencana Anda. Jangan biarkan rasa takut gagal menghalangi Anda mewujudkan impian Anda.

2. Gunakan teknik penghilang stres

Berada dalam situasi yang penuh rasa takut dapat memberikan tekanan yang signifikan pada tubuh. Jika Anda takut gelap, Anda mungkin mulai merasakan sesak di dada, tenggorokan kering, atau sulit bernapas.

Saat stres menguasai Anda, coba ulangi penegasan seperti, “Saya akan baik-baik saja, “atau” Momen ini akan segera berlalu “. Ciptakan mantra yang membumi dan membantu Anda melepaskan rasa takut.

Anda juga bisa mendengarkan musik yang menenangkan. Suara damai dari alam atau laut dikenal bisa mengendurkan otot. Menggerakkan tubuh adalah cara lain untuk mengatasi kecemasan — berjalan-jalan atau peregangan.

Dengan belajar mengelola stres, Anda akan merasa lebih terkendali dan berdaya.

3. Bicaralah dengan teman dan keluarga

Apakah Anda takut sendirian? Setelah bekerja atau di akhir pekan, apakah Anda khawatir tidak punya tempat tujuan dan tidak ada pekerjaan? Kita adalah makhluk sosial, dan mungkin sulit untuk menyendiri untuk waktu yang lama.

Lain kali Anda merasa kesepian , hubungi anggota keluarga atau sahabat. Memiliki dukungan untuk bersandar akan mengangkat semangat Anda dan membantu Anda merasa tidak terlalu terisolasi.

Jika Anda stres karena wawancara kerja, hubungi teman atau temui sebelumnya. Membicarakan kekhawatiran sebelumnya akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan tenang. Memiliki “tim tujuan” yang membangkitkan semangat sebelum acara yang memicu kecemasan membuat semua perbedaan.

4. Tuliskan ketakutan Anda

Apa ketakutan Anda — ruang kecil, terbang, penolakan, atau kesuksesan? Mengidentifikasi fobia adalah langkah pertama dalam mempelajari cara mengelola dan menghilangkannya.

Misalnya, jika Anda takut pada ular, buat rencana untuk membantu Anda mengatasi kecemasan itu . Anda mungkin melihat gambar atau bermain dengan ular mainan. Akhirnya, Anda bisa mencoba memegang yang asli. Jadi, buatlah daftar kekhawatiran Anda — besar dan kecil — lalu, tetapkan tujuan yang realistis. Kembangkan rencana langkah demi langkah untuk mengerjakan masing-masing dari waktu ke waktu.

5. Bayangkan hasil akhir

Bayangkan berada di tengah penerbangan ketika Anda merasakan turbulensi mendorong pesawat, dan tanda sabuk pengaman menyala. Anda tiba-tiba meraih sandaran tangan dan tidak bisa bernapas. Di udara di 35.000 kaki, kondisi cuaca mungkin tidak dapat diprediksi dan membuat Anda takut terbang.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memvisualisasikan tujuan Anda. Bayangkan wajah tersenyum dari orang yang Anda cintai menunggu Anda di bandara.

Lihat diri Anda bersantai di bawah terik matahari pada liburan pulau Anda. Pejamkan mata dan bayangkan Anda melewati garis finis. Pikirkan betapa hebatnya perasaan

Anda begitu Anda tiba dan betapa bangganya Anda karena mengatasi rasa takut. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana menjadi seorang yang dapat memvisualisasikan hasil.

6. Rayakan kesuksesan

Apakah Anda khawatir tentang masa depan dan mendapatkan promosi besar atau mencapai target yang berat? Daripada memikirkan diri sendiri dengan apa yang akan datang, rayakan kemenangan Anda.

Meskipun Anda tidak mendapatkan promosi, ingatlah bahwa Anda melakukan pekerjaan yang Anda sukai dan semakin dekat untuk mengambil langkah selanjutnya. Mungkin Anda tidak kehilangan dua puluh pound penuh, tetapi setidaknya Anda kehilangan sebagian, jadi rayakanlah!

Biasanya, kita cenderung fokus pada apa yang tidak berhasil daripada pada apa yang telah kita capai. Buatlah daftar pencapaian Anda dan rayakan seberapa jauh Anda telah berkembang.

Temukan kemenangan dalam segala hal yang Anda lakukan dan bangga dengan kemenangan Anda.

7. Practice makes perfect

Kita semua pernah ke sana sebelumnya. Anda berjalan ke panggung yang gelap, dan lampu sorot membutakan Anda saat Anda melihat ke arah penonton. Tiba-tiba pikiran Anda menjadi kosong, telapak tangan Anda mulai berkeringat, dan Anda mendengar dentuman keras di dada Anda.

Anda mungkin merasakan gelombang kepanikan saat mencoba mengingat pidato Anda dengan panik. Pada suatu saat, kebanyakan orang mengalami demam panggung. Jadi, bagaimana Anda bisa mempersiapkan?

Beberapa minggu dan hari sebelumnya, latih apa yang ingin Anda katakan. Tinjaulah berulang kali di cermin sampai Anda menghafalnya. Pada hari pidato Anda, tuliskan beberapa poin penting yang dapat Anda rujuk kembali saat Anda berbicara. Mengetahui apa yang harus dikatakan sebelumnya akan memberi Anda kepercayaan diri untuk melepaskan dan mengatasi rasa takut.

8. Tetap terbuka untuk berubah

Bayangkan Anda sedang mengemudi dan menemukan bahwa semua jalan ditutup. Tiba-tiba, Anda terpaksa mengambil jalan memutar. Bagaimana Anda bereaksi ketika rencana tidak berjalan sesuai keinginan Anda? Apakah Anda panik atau frustrasi?

Ketakutan kehilangan atau kehilangan kendali atas suatu situasi dapat membanjiri tubuh dan pikiran. Daripada khawatir atau marah, tetaplah terbuka terhadap kemungkinan sesuatu yang baru. Tindakan terbaik adalah mengikuti arus.

Biarkan kesempatan ini membawa Anda pada petualangan baru. Bersikaplah terbuka terhadap hal yang tidak terduga, dan percayalah bahwa hidup akan berjalan dengan baik.

9. Ciptakan ruang aman Anda

Apakah Anda takut akan ruang terbatas? Jika demikian, berada di dalam lift bisa membuat Anda stres. Lain kali Anda merasa panik, cobalah mindfulness atau meditasi. Bagian besar dari melepaskan rasa takut adalah mendengarkan suara hati Anda yang menenangkan.

Perhatian akan membantu meminimalkan rasa takut dibatasi. Saat Anda bermeditasi, Anda memasuki tempat yang aman. Pejamkan mata, bayangkan samudra biru yang luas, cium garam di udara, dan dengarkan burung camar. Berfokuslah untuk merasa tidak terbatas dan bebas. Alih-alih membayangkan hal-hal negatif yang bisa terjadi, visualisasikan bahwa Anda solid dan aman.

Apa pun yang Anda takuti, belajar cara bersantai dan beralih ke pola pikir positif adalah kuncinya.

10. Jauhkan diri Anda dari situasi

Bayangkan Anda sedang menikmati santapan yang tenang bersama seorang teman ketika tiba-tiba, Anda mendengar suara gelas pecah. Anda mungkin merasakan sentakan adrenalin dan menjadi panik.

Jenis pengalaman ini dapat memicu respons “lawan atau lari” Anda. Ketika Anda merasa kewalahan, cobalah untuk menjaga pikiran Anda agar tidak lepas.

Jika perlu, tinggalkan diri Anda sendiri dari situasi tersebut dan keluarlah sampai Anda merasa lebih tenang. Ketika kita berada dalam situasi ketegangan tinggi, ada baiknya untuk mengakui pilihan yang tersedia dan tetap mengingatkan diri sendiri bahwa momen akan berlalu.

11. Have courage

Apakah Anda secara kronis takut bekerja atau secara mental menjalani hari yang monoton yang dipenuhi dengan tugas yang berulang? Mungkin Anda belum merasakan tujuan selama bertahun-tahun. Apakah Anda khawatir tentang meninggalkan pekerjaan Anda saat ini karena mungkin tidak ada yang lebih baik?

Hidup dimaksudkan untuk dialami, jadi panggil keberanian Anda dan rangkul yang tidak diketahui dengan berfokus pada apa yang ada di depan. Tentukan apa yang akan membuat Anda paling bahagia, dan perhatikan tujuan itu. Anda mungkin menemukan bahwa pencapaian paling signifikan Anda sudah dekat.

12. Ambil nafas dalam

Mungkin Anda sangat takut dengan jarum suntik. Setiap kali Anda berada di kantor dokter, Anda berpaling saat perawat membersihkan kulit Anda untuk memberikan suntikan.

Daripada berfokus pada apa yang terjadi saat ini, cobalah mengambil empat gambar dalam, lambat nafas. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. Coba bayangkan diri Anda hangat dan aman, mungkin berpelukan dengan teman berbulu Anda. Pernapasan dalam membumi dan membantu kita melewati saat-saat menakutkan. Tutup saja mata Anda, tetap fokus pada napas, dan coba lepaskan rasa takut.

13. Have a plan B

Katakanlah Anda sedang menonton film di rumah ketika tiba-tiba listrik mati. Apakah Anda duduk dalam kegelapan sambil bertanya-tanya kapan lampu akan kembali menyala? Apakah Anda khawatir makanan di lemari es akan rusak atau ponsel Anda mati?

Tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya pasti menyebabkan ketakutan. Penawarnya adalah melakukan tindakan — rencana B — untuk merasa siap.

Dalam keadaan darurat, siapkan lilin, pengisi daya portabel, atau bahkan generator cadangan untuk Anda dan keluarga. Beli atau siapkan ransel darurat, dan selalu sediakan makanan dan air. Memiliki rencana darurat akan memberi Anda kenyamanan, dan itu membantu Anda mengambil kembali kendali situasi.

14. Trust yourself

Pernahkah Anda ke puncak gedung tinggi dan melihat ke bawah? Apakah Anda merasakan gelombang pusing dan tiba-tiba berpegangan pada rel? Anda tidak sendiri dalam reaksi ini, karena banyak orang takut ketinggian.

Ada kalanya kita mendaki terlalu tinggi dan ternyata kita tidak tahu bagaimana cara turun. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam situasi ini adalah percaya pada pilihan Anda. Tarik napas dalam-dalam dan percayalah bahwa Anda dapat menavigasi jalan kembali ke tempat aman.

Temukan kepercayaan diri untuk memiliki keyakinan pada akal Anda. Bayangkan betapa bangganya perasaan Anda setelah menghadapi ketakutan Anda dan dengan berani mengatasinya.

15. Bicaralah dengan orang yang pernah merasakannya

Mungkin Anda sedang meluncurkan bisnis baru dan merasa khawatir gagal. Mungkin Anda tidak tahu bagaimana memulainya atau berapa pengeluaran Anda nantinya. Setelah menuangkan seluruh tabungan Anda ke dalam usaha ini, Anda mungkin mulai bertanya-tanya apakah orang-orang bahkan akan menginginkan produk Anda.

Daripada berfokus pada semua hal-jika, dapatkan nasihat dari pemilik bisnis yang berkembang. Temukan pengusaha yang mengalami kekhawatiran yang sama dan mintalah nasihat dari mereka.

Pemilik bisnis yang sukses biasanya ingin membayarnya dan berbicara dengan orang lain tentang pencapaian dan kerugian mereka. Ini akan mengisi Anda dengan motivasi dan tujuan baru untuk mencapai tujuan Anda. Meminta nasihat dari mereka yang pernah berada di tempat Anda berada akan membantu Anda mengatasi ketakutan Anda.

16. Take action

Bayangkan ini: Anda sudah lama tidak membersihkan garasi. Saat Anda mulai mengatur, Anda memindahkan kotak dan laba-laba hitam raksasa melompat ke arah Anda. Matamu melebar karena terkejut dan kamu mulai gemetar. Anda perlu membersihkan, tetapi Anda takut akan ada lebih banyak laba-laba.

Daripada tinggal dengan garasi yang berantakan, pertimbangkan untuk memakai sarung tangan dan melapisi pakaian Anda. Temukan kenyamanan karena mengetahui bahwa beberapa laba-laba tidak akan menahan Anda. Ambil kembali kekuatan Anda dengan mengambil tindakan. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan merasa capai setelah menaklukkan ketakutan Anda.

17. Reward yourself

Apakah Anda takut pergi ke dokter gigi dan mendengar suara bor bernada tinggi dan gesekan pada gigi Anda? Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut adalah dengan menyiapkan hadiah di akhir perjalanan.

Setelah janji temu, manjakan diri Anda dengan makanan lezat, atau pesan sesuatu yang pernah Anda lihat secara online. Mengetahui ada hadiah di tempat akan memberi Anda insentif untuk mendorong ketika Anda ingin menyerah.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com