ZONAUTARA.com – Melakukan scrolling feed Instagram atau nonton video YouTube biasanya terasa lebih menarik dibandingkan menyelesaikan pekerjaan yang ada di hadapanmu. Mungkin niat awal menonton tayangan di Youtube hanya sebagai selingan. Tetapi pada akhirnya memakan sebagian besar waktumu dan malah membuat semakin enggan kembali ke pekerjaan utama.

Faktanya, menunda pekerjaan atau procrastinating sering terjadi pada mayoritas orang di seluruh dunia.

Sebenarnya, kebiasaan ini ada hubungannya dengan bagian otakmu yaitu amygdala. Amygdala adalah bagian otak yang paling tua, jauh sebelum bagian otak yang lain berkembang. Tugasnya adalah mengatur emosi dan mendeteksi ancaman. Amygdala juga berperan buat mengatur perilaku-perilaku agar makhluk hidup termotivasi buat melakukan suatu hal.

Biasanya motivasi itu bisa jadi nggak muncul gara-gara beberapa hal. Umumnya, karena kamu secara tidak sadar menginginkan kesempurnaan atau penghargaan tanpa harus bekerja terlalu keras. Begitu kamu menilai kalau suatu aktivitas itu bakal memakan waktu lama, jadi deh kamu memilih buat menunda pekerjaan.

Misalnya, ogah-ogahan menggarap laporan kantor atau tugas kuliah, karena menganggap itu bakal memakan waktu yang lama.

Pexels.com

Pada dasarnya, langkah awal yang akan kamu ambillah yang terasa berat. Akibatnya, kamu jadi malas-malasan. Supaya kamu bisa lebih produktif, baca 2 minutes hack ini, yuk!

Saat malas mulai melanda, luangkanlah waktumu 2 menit saja!

Ada pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi kamu lagi nggak punya motivasi? Coba deh, jangan pikirkan tentang seberapa lama pekerjaan itu bakal memakan waktumu. Kamu cuma perlu memikirkan waktu 2 menit pertama buat melakukan pekerjaan apapun yang harus dilakukan. Misal kamu butuh buat menulis artikel? Coba tulis satu paragraf saja dalam jangka waktu 2 menit itu.

Kalau setelah 2 menit berlalu, kamu masih nggak menyukai aktivitas itu, bebas kok buat berhenti. Kamu nggak perlu merasa bersalah. Toh, kamu sudah mencoba, kan?

Trik ini bisa “menipu” otak untuk mulai berpikir bahwa hanya butuh waktu 2 menit saja buat memulai pekerjaan itu. Nah, ketika kamu sukses melewati waktu 2 menit itu, kamu bakal lebih termotivasi buat menyelesaikan pekerjaan itu.

Pelajaran apa yang bisa kamu dapatkan dari trik 2 minutes hack biar nggak menunda pekerjaan ini? Buat mencapai sesuatu memang nggak bisa dilakukan secara instan. Tapi, kamu juga nggak perlu berpikir terlalu rumit. Mulailah dengan langkah-langkah kecil.

Gimana, tertarik mencoba trik di atas?

Bagikan !