Awal tahun Sangihe dilanda bencana, 1 orang meninggal, 200 KK mengungsi

Redaktur
Penulis Redaktur
Foto: BNPB Indonesia



ZONAUTARA.comBencana banjir yang terjadi di Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, menelan korban 1 orang meninggal dunia. Kejadian ini berlangsung pada Senin (4/1), sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Tak hanya korban meninggal, lebih dari 200 KK mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe melaporkan bencana hidrometeorologi, berupa banjir dan tanah longsor, dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi disertai kondisi tanah labil.

Wilayah terdampak teridentifikasi di 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Tahuna, Kendahe, Maganitu, Maganitu Selatan, Tabukan Selatan Tengah dan Tabukan Selatan Tenggara. 

BPBD setempat mencatat banjir dan longsor berlangsung di Kecamatan Tahuna, Tabukan Selatan Tengah dan Tabukan Selatan Tenggara, sedangkan longsor terjadi di Kecamatan Kendahe dan banjir di Manganitu Selatan. 

Sebanyak 223 KK mengungsi ke rumah tetangga dan kerabat terdekat. Sebagian korban terdampak teridentifikasi berada di Kecamatan Maganitu Selatan yang disebabkan banjir. 

Selain korban jiwa, bencana juga menyebabkan kerugian material berupa 223 unit rumah, 4 unit tempat ibadah dan 1 unit sekolah terdampak. Saat kejadian tinggi muka air antara 20 hingga 150 cm. BPBD setempat memantau genangan air berangsur surut. Beberapa kecamatan terdampak terdapat akses jalan yang tertutup material longsor. 

Merespons situasi darurat, BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe berada di lokasi untuk melakukan pendataan. Hasil kaji cepat menyebutkan kebutuhan mendesak, antara lain logistik dan peralatan untuk pembersihan material yang terbawa banjir maupun longsor. 

BPBD bersama TNI, Polri, aparat kecamatan, masyarakat serta pihak lainnya membantu untuk membersihkan material longsor di akses jalan. Bersama dengan Dinas Sosial setempat dan unsur aparat kecamatan, BPBD menyiapkan kebutuhan logistik dan distribusikannya ke warga yang mengungsi.  

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca yang terpantau melalui Info BMKG, beberapa kecamatan terdampak masih mengalami potensi hujan dengan intensitas ringan hingga dua hari ke depan.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor atau angin kencang. 

Sumber: BNPB



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com