Tertinggi! Kasus corona di Sulut capai rekor baru: 234 kasus baru

Reporter ZonaUtara
Penulis Reporter ZonaUtara
Warga sedang rapid test.(Image: zonautara.com/Arianto Ali)



ZONAUTARA.com – Sulawesi Utara (Sulut) mengalami pertambahan kasus baru yang mencapai 234 kasus pada Rabu (20/01/2021). Demikian yang diumumkan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut.

Jumlah tersebut membuat total kasus corona di Sulut menjadi sebanyak 11.838 kasus dan merupakan rekor penambahan kasus harian yang tertinggi sejauh ini. Sebelumnya rekor tertinggi terjadi di tanggal 18 Desember 2020, yaitu sebanyak 202 kasus.

Baca: 20 Januari, ada 234 kasus baru corona di Sulut, 81 dari Manado, 31 dari Minahasa

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut Steaven Dandel menjelaskan, pertambahan kasus sebanyak ini, menurut analisa epidemiologi adalah dampak dari transmisi yang terjadi selama liburan Hari Natal dan Tahun Baru.

“Hal ini bisa terlihat dari sebaran kasus yang cukup meluas ke Kabupaten yang sebelumnya minim kasus seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud,” kata Steaven, Rabu (20/01/2021).

Dijelaskannya, peningkatan kasus yang cukup signifikan di dua daerah ini, bisa terkorelasi dengan mobilisasi penduduk yang mudik selama liburan ini. Kasus-kasus yang diumumkan hari ini adalah mereka yang diambil sampelnya pada minggu pertama dan kedua bulan Januari.

“Sehingga bila ditarik kronologis sesuai masa inkubasi Covid-19, yakni 7 sampai 14 hari, maka infeksi pada kasus yang terlapor hari ini terjadi selama periode liburan ini,” ujarnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com