Short story, Presiden AS: Franklin Pierce (4 Maret 1853 – 4 Maret 1857)

  • Share
Presiden AS ke-14 Franklin Pierce
Presiden AS, Frank;lin Pierce. (Foto: Britannica)

ZONAUTARA.COMFranklin Pierce (23 November 1804 – 8 Oktober 1869) adalah seorang politikus Amerika dan Presiden keempat belas Amerika Serikat. Dia adalah presiden pertama yang lahir di abad kesembilan belas dan sampai saat ini satu-satunya presiden dari New Hampshire.

Pierce adalah seorang Demokrat dan “doughface” (orang Utara dengan simpati Selatan) yang bertugas di Dewan Perwakilan dan Senat Amerika Serikat. Kemudian, Pierce mengambil bagian dalam Perang Meksiko-Amerika dan menjadi brigadir jenderal.

Praktik hukum pribadinya di negara bagian asalnya, New Hampshire, sangat sukses sehingga dia ditawari beberapa posisi penting, yang ditolaknya. Kemudian, ia dinominasikan sebagai presiden sebagai kandidat kuda hitam pada pemungutan suara ke-49 di Konvensi Nasional Demokrat 1852.

Dalam pemilihan presiden, Pierce dan pasangannya William R. King menang telak, mengalahkan tiket Partai Whig dari Winfield Scott dan William A.Graham dengan selisih 50 hingga 44% dalam suara populer dan 254 banding 42 dalam pemilihan umum.

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Ketampanan dan kepribadiannya yang tidak ofensif menyebabkan dia berteman dengan banyak orang, tetapi dia mengalami tragedi dalam kehidupan pribadinya dan sebagai presiden kemudian membuat keputusan yang secara luas dikritik dan memecah belah, sehingga memberinya reputasi sebagai salah satu presiden terburuk di AS.

Popularitas Pierce di Utara menurun tajam setelah dia mendukung Undang-Undang Kansas-Nebraska, membatalkan Kompromi Missouri dan membuka kembali pertanyaan tentang perluasan perbudakan di Barat. Kredibilitas Pierce semakin rusak ketika beberapa diplomatnya mengeluarkan Manifesto Ostend.

Sejarawan David Potter menyimpulkan bahwa Ostend Manifesto dan Kansas-Nebraska Act adalah “dua malapetaka besar dari pemerintahan Franklin Pierce, keduanya menimbulkan kritik publik.” Yang lebih penting, kata Potter, mereka secara permanen mendiskreditkan Manifest Destiny dan kedaulatan rakyat.

Baca Pula:  Joe Biden ucapkan selamat HUT kemerdekaan untuk Indonesia

Ditinggalkan oleh partainya, Pierce tidak dicalonkan kembali pada pemilihan presiden 1856 dan digantikan oleh James Buchanan. Setelah kalah dalam nominasi Partai Demokrat, Pierce melanjutkan perjuangan seumur hidupnya melawan alkoholisme saat pernikahannya dengan Jane Means Appleton Pierce berantakan.

Reputasinya semakin rusak ketika dia menyatakan dukungan untuk Konfederasi. Dia meninggal pada tahun 1869 karena sirosis.

Quote pilihan

“Frequently the more trifling the subject, the more animated and protracted the discussion.”

“The dangers of a concentration of all power in the general government of a confederacy so vast as ours are too obvious to be disregarded.”

“A Republic without parties is a complete anomaly. The histories of all popular governments show how absurd is the idea of their attempting to exist without parties.”

“With the Union my best and dearest earthly hopes are entwined.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com